Home » » Manfaat Keong Untuk Pakan Bebek

Manfaat Keong Untuk Pakan Bebek

Keong atau sering juga disebut dengan tutut merupakan binatang air yang habitatnya di perairan air dangkal yang banyak ditemukan di sawah, sungai, maupun di kolam-kolam. Hewan yang satu ini dipercaya mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita sebab mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Akan tetapi jikalau ingin mengkonsumsi keong harus dengan pengolahan yang bersih, sempurna dan sehat, sebab keong merupakan salah satu binatang yang berubah menjadi inang mediator banyak sekali macam penyakit ibarat cacing pita, dan penyakit anthrax.

Selain bermanfaat untuk kesehatan keong juga sangat bermanfaat untuk pakan bebek. Namun tidak hanya untuk pakan belibis petelur saja, keong juga sering kali dijadikan para peternak sebagai pakan binatang ternak mereka ibarat lele, ayam, maupun entok.

Kandungan gizi keong sawah


Informasi yang aku kutip dari wikipedia.org bahwa berdasarkan Positianeka macame Deaneka macamiance Resource Centre keong mempunyai kandungan gizi antara lain protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, mineral, karbohidrat, dan phosfor.

Selain itu keong juga mempunyai kandungan aneka macamitamin yang cukup tinggi ibarat aneka macamitamin A, E, niacin dan folat, dan zat gizi lainya ibarat protein dalam kadar yang cukup tinggi.

Apa manfaat keong untuk pakan belibis petelur?

Banyak para petani yang mengeluhkan banyaknya keberadaan keong disawah-sawah mereka, sebab keong merupakan hama bagi para petani yang sering memakan tumbuhan padi mereka. Meskipun binatang yang satu ini merupakan hama bagi para petani, namun disisi lain keong mempunyai banyak manfaat bagi para peternak untuk pakan ternak mereka. Seperti untuk pakan ikan lele, untuk pakan entok, maupun untuk pakan bebek.

Banyak manfaat yang sanggup dihasilkan untuk pakan beberapa binatang ternak ibarat yang dijelaskan diatas, namun pada artikel kali ini aku akan menunjukkan sedikit informasi mengenai manfaat keong untuk pakan bebek, apa sich keuntungannya sehingga para peternak sering kali menunjukkan keong untuk pakan ternak mereka??

1. Mempercepat pertumbuhan bebek

Cepat tidaknya pertumbuhan bebek/meri banyak dipengaruhi oleh banyak sekali faktor terutama adalah faktor perawatan dan santunan pakan yang berkulaitas. Contoh pakan berkualitas adalah kosentrat dan lain sebagainya, namun apakah belibis tersebut akan cepat tumbuh sampaumur tanpa diberi pakan berkulaitas butatan pabrik tersebut?? Jawabanya adalah bisa, pakan berkualitas buatan pabrik tersebut sebarnya asal-usulnya juga dari materi pakan alami yang diracik sehingga menghasilkan pakan belibis ibarat kini ini. Dan salah satu materi pakan pembuatan kosentrat tersebut bersumber dari protein yang didapatkan dari banyak sekali macam materi pakan alami.

Untuk itu tugas keong disini sanggup menggantikan tugas pakan kosentrat buatan pabrik tersebut supaya mempercepat pertumbuhan dan cepat dewasa, sebab keong mempunyai kandungan gizi yang baik, terutama protein yang cukup tinggi. Selain itu keong juga sanggup kita dapatkan dengan cuma-cuma tanpa harus membeli layaknya kosentrat tersebut yang harga yang mahal.

2. Meningkatkan nafsu makan

Rasa yang lezat mungkin yang dirasakan oleh bebek, sebab stiap kali disuguhi pakan keong bebek-bebek tersebut akan dengan cepat melahapnya. Dengan kata lain keong sanggup membantu meningkatkan nafsu makan pada belibis apabila kita memberikanya/mencampurnya dengan pakan utama ibarat bekatul, nasi aking dan lain sebaginya.

3. Mempercepat belibis bertelur

Pemberian pakan yang mengandung protein tinggi sangat dipercaya dan pernah terbukti untuk mempercepat belibis biar bertelur. Karena berdasarkan jago gizi dibidang peternakan bahwa pakan yang mengandung banyak protein sangat menghipnotis cepat tidaknya belibis tersebut bertelur. Jika pernah menginjak diusia reproduksi belibis tersebut tidak kunjung bertelur maka ada dua faktor penyebab yang perlu kita ketahui. Penyebabb tersebut adalah tidak anda penjantan dan yang kedua adalah kurangnya asupan pakan yang mengandung banyak protein.

Semakin banyak pakan yang dimakan maka akan semakin gemuk pula sapi tersebut. Karena berdasarkan pakar dokter peternakan, asupan nutrisi merupakan faktor yang menghipnotis pertambahan berat badan, mengingat fungsi nutrisi yang dimakan sapi merupakan unsur pembentukan jaringan tubuh. Oleh sebab itu semakin banyak nutrisi pakan yang terserap oleh sapi maka pembentukan daging pun akan semakin maksimal.

4. Mempertahankan belibis untuk selalu bertelur

Selain mempercepat/merangsang belibis biar kunjung bertelur bila pernah masuk suatu waktu/usia reproduksi ternyata keong sangat bermanfaat untuk mempertahankan belibis untuk selalu bertelur. Semakin banyak asupan protein yang didapat dikala belibis berada pada suatu waktu reproduksi maka belibis tersebut akan bertahan untuk selalu sanggup bertelur. Karena kita tahu bahwa kandungan paling banyak yang terdapat pada keong adalah protein, selain itu kalsium, mineral, karbohidrat, dan phosfor semua itu merupakan senyawa-senyawa dalam pembentukan telur.

5. Membantu menghasilkan telur yang berkualitas

Entah sebab apa namun memang benar dan pernah banyak yang berkata bahwa belibis yang diberi pakan alami ibarat keong dan sebagainya akan mehasilkan telur yang berkualitas, telur dengan kuningnya yang kental serta rasa yang sangat lezat jikalau dibandingkan dengan telur hasil dari belibis yang diberikan pakan kosentrat buatan pabrik.

Itulah 5 manfaat yang sanggup diambil dari keong untuk pakan belibis yang kita pelihara, selain itu manfaat lain yang sanggup kita hasilkan jikalau kita selalu menunjukkan keong untuk pakan ternak ialah  membantu petani membasmi hama, sebab keong merupakan salah satu hama padi yang menyeramkan bagi para petani.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive