Home » » Tips Pembesaran Ikan Gurame Yang Gampang Di Terapkan Di Bak Beton Maupun Bak Terpal

Tips Pembesaran Ikan Gurame Yang Gampang Di Terapkan Di Bak Beton Maupun Bak Terpal

       Cara budidaya ikan gurame sanggup dilakukan pada  kolam terpal maupun bak beton. pembesaran ikan gurame tolong-menolong tidak terlalu sulit alasannya ikan gurame termasuk jenis ikan air tawar. Ikan gurame sanggup dipasarkan pada tingkat leaneka macamel restoran maupun supermarket sehingga budidaya ikan gurame mempunyai potensi bisnis yang sangat tinggi dan stabil. Kalangan masyarakat konsumsi ikan gurame mengalami peningkatan. Bisnis ikan gurame mungkin harus dicoba di halaman rumah maupun belakang rumah. Ikan gurame sangat memerlukan lahan yang luas dan juga perairan yang terjaga. Untuk bak sanggup dari materi beton ataupun terbuat dari terpal. Selebihnya cara budidaya sanggup dilihat dibawah ini   
 tolong-menolong tidak terlalu sulit alasannya ikan gurame termasuk jenis  Tips Pembesaran Ikan Gurame yang Praktis di Terapkan di Kolam Beton Maupun Kolam Terpal Ikan Gurame

TAHAP - TAHAP PEMBESARAN IKAN GURAME

Persiapan kolam 

        Pembesaran ikan gurame hal pertama yang harus dilakukan merupakan persiapan kolam. Hal ini sangat penting alasannya selain dibentuk untuk budidaya persiapan bak juga berfungsi sebagai tempat tumbuhnya makanan alami menyerupai plankton, fitoplankton, zooplankton dan lain lain. Makanan alami sangat penting alasannya makanan alami sanggup membantu dalam hal pengiritan pakan. Untuk citra kolamnya sendiri paperti ukuran sanggup 10 x 10 ataupuan yang lainnya sesuei lahan yang dimiliki yang penting padat tebar ikan gurame 15-20 ekor/M2 untuk kedalaman nya 100-150 cm. untuk ukuran bibit 5cm memakai pakan merek pf. 1000 isi 10kg/sak. untuk makanan perhiasan biasanya sanggup diberi dedaunan menyerupai daun kangkung atau daun lompong.

Perawatan Lahan Ikan Gurame

  • Sebelum di isi dengan air bak terlebih dahulu dikeringkan selama kurang lebih 5-7 hari ini mempunyai kegunaan supaya hama maupun penyakit sanggup hilang.
  • Kemudian pada ketika panjemuran taburkan garam gresek atau kapur untuk membunuh hama dan penyakit dalam terpal ataupun pada beton.
  • sehabis itu persiapkan pupuk sangkar dengan cara terlebih dahulu jemur pupuk sangkar yang pernah melangkaui fermentasi yang memakai ragi tape dan cairan gula, sesudah pupuk yang di fermentasi di jemur selama 2 hari masukkan kedalam sak/karung kemudian karung yang pernah terisi diberi lubang dengan paku dan jangan lupa ditambah kan kerikil sebagai pemberat supaya tidak mengapung kemudian masukkan kedalam bak di isi air sebanyak kira-kira 50cm, 
  • Kemudian masukkan UREA satu sendok dan diamkan selama 4 hari 
  • sehabis 4 hari masukkan benih ikan gurame dengan cara masukkan benih ikan gurame pada bejana kemudian diamkan bejana yang pernah diberi benih gurame selama 10-15 menit supaya ikan gurame sanggup menyesuekan suhu dengan suhu kolam, kemudian tuang bejana selama perlahan biarkan ikan gurame keluar dengan sendirinya dari kolam.

Pemilihan Benih 

      Sebelum melaksanakan budidaya ikan gurame yang harus kita perhatikan merupakan pemilihan benih yang akan besar lengan berkuasa pada hasil dari pemanenan ikan gurame. Pertama dalam pemilihan benih merupakan benih biasanya didapat dari pembibitan sendiri ataupun bibit dari pembudidaya lainnya yang sedia benih ikan gurame. Tetapi bagi pembudidaya pembesaran ikan gurame biasanya beli ketempat petani lain yang pernah melaksanakan pembenihan sendiri. 
         Bibit yang sekiranya sanggup digunakan kira-kira 3 jari orang dewasa. kalau bibit terlalu kecil dikhawatirkan tidak sanggup menyesuaikan diri dengan baik pada bak sehingga sanggup menjadikan kewafatan suatu waktul pada budidaya ikan gurame. Makara sanggup disarankan dalam pemilihan benih ikan gurame seharusnya benih tidak terlalu kecil alasannya sanggup dikhawatirkan sanggup menjadikan kewafatan suatu waktul pada benih ikan gurame. Selain benih kondisi kualitas air juga diperhatikan dan gizi pada pakan juga di perhatikan menyerupai penambahan probiotik pada pakan ikan gurame dengan cara pakan dicampurkan/direndam dengan probiotik selama 10 menit.

Pemberian Pakan 

     sehabis benih ikan gurame ditebar pada bak yang perlu diperhatikan merupakan pertolongan pakan. Tahap pertolongan pakan sebaiknya ikan gurame diberi makan sesuei dengan bukaan mulutnya sehingga pakan sanggup masuk dan tidak dimuntah kan kembali. Tahapan ini sebaiknya dalam pertolongan pakan ikan gurame perlua adanya makanan perhiasan menyerupai penambahan sayur-sayuran menyerupai daun kangkung. Pemberian pakan ini dilakukan dua kali dalam sehari, pakan sebaiknya diberi pada pagi hari dan sore hari, dalam pertolongan pakan sebaiknya diberikan berganti - ganti menyerupai pada pagi hari diberikan sayuran dan sore diberikan pelet ataupun sebaliknya. Pemberian pakan harus teratur hal ini bertujuan supaya ikan sanggup tumbuh cepat.

Pemanenan Ikan Gurame

       Pemanenan ikan gurame dilakukan pada bulan ke 7 - 8, atau pada ketika bobot mencapai 0,7 - 1 kg/ekor, ukuran tersebut sangat ideala untuk ikan gurame sebagai ukuran konsumsi. Biasanya ikan gurame dalam 1 kg dihargai dengan harga 30.000 - 40.000 tergantung tempat masing - masing.
           Berikut ini cara budidaya ikan gurame pada bak terpal maupun bak beton. Semoga bermanfaat gosip wacana cara pembesaran ikan gurame 

Mungkin yang ingin anda lihat : Pembesaran Ikan Nila
                                                     Pembesaran Ikan Koi
                                                     Pembesaran Udang Vanname




0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive