Home » » Pembesaran Ikan Bawal Yang Gampang Dilakukan Bagi Pemula

Pembesaran Ikan Bawal Yang Gampang Dilakukan Bagi Pemula

Usaha pembesaran Ikan bawal sangat menjanjikan, lantaran ikan bawal masih diminati dikalangan lokal hal ini dibuktikan dengan tingginya undangan ikan bawal. Tentunya undangan ikan bawal tidak hanya dikalangan lokal, kini ikan bawal pernah sangat diminati dikalangan mancanegara. Selain ikan bawal banyak peminat nya, ikan bawal juga sangat gampang untuk dipelihara dalam bak terpal maupun bak tanah. Oleh alasannya itu bisnis pembesaran ikan bawal sangat menguntungkan. Berikut merupakan cara pembesaran ikan bawal di kolam.


 lantaran ikan bawal masih diminati dikalangan lokal hal ini dibuktikan dengan tingginya per Pembesaran Ikan Bawal yang Praktis Dilakukan Bagi Pemula Pembesaran ikan bawal

Proses Budidaya Ikan Bawal

Persiapan Kolam Pembesaran Ikan Bawal

          Ikan bawal sangat gampang untuk dilakukan pembesaran, sehingga ikan bawal sanggup dibudidayakan di bak terpal maupun bak tanah. Berikut merupakan persiapan masing – masing bak : 
  • Pertama cara pembuatan bak terpal. Kolam terpal sekarang  bermetamorfosis alternatif bagi petani pembesaran ikan bawal, lantaran bak terpal gampang dibentuk dan cocok untuk ruangan dimanapun. Tapi hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan bak terpal merupakan sehabis bak dibuat, bersihkan bak dengan air untuk menghindari kotoran atau aneka macamirus yang sanggup menempel pada kolam/terpal. Selanjutnya bak diisi air sesuei dengan kebutuhan minimal kira-kira 70cm. sehabis itu tutup bak dan diamkan selama kurang lebih 2-3 hari. sehabis 2-3 hari bak diberi daun pepaya atau daun ketapang, ini dipakai biar bak lebih steril dari hama dan penyakit yang merugikan. sehabis itu diamkan bak selama 4-7 hari biar daun pepaya yang berfungsi sebagai antiseptik sanggup bekerja.
  • Kedua ada yang menggnakan bak tradisonal atau bak tanah. Hal pertama sehabis bak tanah tamat dibentuk untuk usaha pembesaran ikan bawal merupakan dasar bak dikeringkan terlebih dahulu tetapi jangan hingga terlalu kering. sehabis bak kering dilakukan penambahan kapur dengan takaran 50 kg/200m2. Jenis kapur yang sanggup dipakai merupakan berjenis dolomit maupun tohor dalam pengapuran berfungsi sebagai peningkat pH dan membunuh hama dan penyakit dalam kolam. sehabis itu dilakukan pemupukan biar tanah sanggup subur kembali sehingga makanan alami sanggup tersedia. Pupuk sanggup memakai dengan pupuk organik dengan takaran 50-100 kg/200m2 dan juga memakai pupuk buatan menyerupai TSP 6 kg/200m2. Pemupukan pupuk organik yang dipakai dipastikan pernah difermentasi sehingga tidak bermetamorfosis racun bagi ikan bawal. sehabis pemupukan tamat dilakukan pengisian air secara bertahap. Pertama bak diisi air dengan ketinggian kira-kira 5 cm dan biarkan selama kurang lebih 1-3 hari. sehabis itu isikan bak dengan bertahap tergantung kebutuhan kolam. Jarak dari pemupukan hingga penebaran benih kira-kira 6-10 hari.

Penebaran Benih Ikan Bawal

         Proses penebaran benih ikan bawal dibutuhkan biar memakai benih yang sehat, lantaran benih yang sehat sanggup mensugesti kelulus hidupan ikan bawal. Penebaran benih dilakukan dengan cara diadaptasikan terlebih dahulu dengan cara benih yang pernah tiba bila di bungkus dengan plastik sanggup dengan masukkan plastik yang berisi benih ikan bawal kedalam bak dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian keluarkan ikan secara perlahan  dan biarkan ikan keluar sendiri sehabis plastik dibuka.         Ikan bawal merupakan ikan yang omnianeka macamora sehingga dalam pinjaman pakan diberikan dua jenis makanan menyerupai pinjaman daun-daunan dan pelet. Banyaknya pakan yang diberikan sanggup dilihat dari berat badan ikan itu sendiri, untuk ikan bawal pakan yang diberikan 3-5% dari berat badan ikan bawal, ini sanggup dicek dalam setiap 2 ahad sekali. Pemberian pakan 3-5% perhari sanggup diberikan 2 kali sehari pagi dan sore hari. 

Panen Ikan Bawal

       Tahap pemanenan ikan bawal dilakukan setiap 3-4 bulan sekali atau dengan berat badan ikan bawal nencapai 400-500 gram/ekor. Pemanenan untuk penampungan ikan bawal sebaiknya ditempat yang agak luas dan airnya mengalir.

     Berikut merupakan isu wacana tata cara pembesaran ikan bawal. Semoga bermanfaat dan sanggup diamalkan dan sanggup bermetamorfosis perjuangan yang berkembang. 

Baca juga: Pembesaran Ikan Nila

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive