Home » » Usaha Budidaya Udang Vannamei Di Bak Tanah Yang Gampang Di Pelajari

Usaha Budidaya Udang Vannamei Di Bak Tanah Yang Gampang Di Pelajari

     Usaha budidaya udang aneka ragamannamei yakni salah satu perjuangan yang sangat menjanjikan disamping laba nya yang besar, udang aneka ragamannamei sanggup di besarkan di aneka macam kolam menyerupai kolam terpal ataupun kolam tanah. Udang aneka ragamannamei sangat diminati oleh para pembudidaya sebab udang aneka ragamannamei pertumbuhannya cepat. Berikut yakni cara/tahapan pembesaran udang aneka ragamannamei :
 yakni salah satu perjuangan yang sangat menjanjikan disamping laba nya yang besar Usaha Budidaya Udang Vannamei di Kolam Tanah yang Praktis di Pelajari Udang Vannamei 

Tahapan Budidaya Pembesaran Udang Vannamei

Persiapan Kolam Udang Vannamei

            Tahap persiapan kolam yang dilakukan pertamakali yakni pengeringan tanah tapi sebelum tanah dikeringkan terlebih dahulu dilakukan penyemprotan pada tanah. Penyemprotan ini bertujuan untuk membersihkan lumpur dan kotoran yang masih melekat di tanah. selepas penyemprotan maka dilakukan pengeringan yang kira-kira sekitar 1 bulan tergantung sinar matahari yang ada. Tahap pengeringan ini mempunyai kegunaan untuk menghilangkan sisa air yang menggenang di dasar tambak, selain itu juga diharapkan pada tahap pengeringan ini dengan pinjaman sinar mata hari sanggup menghilangkan gas-gas beracun dan panyakit yang merugikan pada usaha pembesaran udang aneka ragamannamei.          Selanjutnya sehabis dilakukan pengeringan lalu dilakukan penyesetan atau pembalikan tanah pada dasar kolam. Tahapan penyesetan ini sanggup dilakukan dengan memakai traktor atau dengan dicangkul. selepas dilakukan penyesetan lalu tahapan pemberian pengapuran. Pengapuran ini dilakukan untuk tujuan menaikkan pH dan membunuh penyakit yang masih tersisa di dasar tambak. Pemberian kapur diberikan sebanyak kapur bakar (CaO), 1000 kg/ha dan memakai kapur pertanian sebanyak 320 kg/ha. Kemudian masukkan air kedalam tambak hingga dasarkolam becek sehabis itu dilakukan tahapan pemupukan yang dilakukan dengan pupuk sangkar 2000 kg/ha dan urea 150 kg/ha. Tahap pemupukan ini mempunyai kegunaan untuk menyuburkan tanah kembali dan sanggup menumbuhkan makanan alami yang sanggup membantu pertumbuhan udang aneka ragamannamei.          selepas tahapan diatas dilakukan tahapan pengisisan air yang dilakukan secara bertahap. Pertama air di isi dengan ketinggian 10-25 cm dan biarkan air selama beberapa hari, hal ini bertujuan biar plankton sanggup tumbuh di perairan. selepas beberapa hari air di isi dengan sesuei dengan kebutuhan. Kedalaman kolam pada budidaya udang aneka ragamannamei yang dipakai yakni sekitar 2 m. Sehingga air biasanya di isikan dengan ketinggian 1,5 m.

Pemilihan Benur Udang

          Tahap pemilihan benur udang ini sangat penting sebab pada tahap ini bila benur kurang baik maka sanggup mengakibatkan kemeninggalan waktul atau bahkan sanggup pemanenan dini yang sanggup mengakibatkan kerugian besar. Pemilihan benur yang baik sanggup dilihat dengan cara mengecek benur itu sendiri, ciri-ciri benur sehat yakni mempunyai warna yang cerah, begerak aktif mencari makan, tidak simpel hanyut dalam air dan biasanya melekat pada wadah. Benur yang kurang sehat mempunyai ciri-ciri sanggup terbawa arus, melayang dan tubuhnya melengkung sambil berenang tanpa arah. Tahapan ini sangat mempunyai kegunaan untuk perjuangan pembesaran udang aneka ragamannamei.

Penebaran Benur Udang

          Tahapan penebaran benur harus dilekaskan sehabis kolam/tambak siap. Penebaran benur sebaiknya dilakukan pada ketika cuaca teduh menyerupai pada malam hari dan pagi hari sebelum jam 08.00 WIB. Cuaca teduh mempunyai kegunaan biar suhu dalam air tidak berubah secara extrim atau mendadak yang sanggup mengakibatkan udang stres dan sanggup mengakibatkan kemeninggalan pada udang.          Benur yang ditebar dipakai benur yang berukuran PL-10 – PL-13 atau post laraneka ragama hari ke 10 – hari ke 13, benur pada ukuran ini sangat baik untuk dipakai didalam kolam dan ukuran ini sangat cocok untuk penbesaran udang. Padat tebar yang dipakai mencapai 110 – 115 ekor/m2. Penebaran dilakukan secara perlahan-lahan atau disebut dengan aklimeninggalsasi atau proses adaptasi, pembiasaan dilakukan dengan cara  plastik yang masih di isi udang dimasukkan dan diamkan dalam air selama 10-20 menit. selepas itu buka tali pada setiap kantong plastik secara perlahan – lahan dan biarkan udang keluar dengan sendirinya. Aklimeninggalsasi ini sangat penting sebab untuk mencegah kemeninggalan waktul pada udang yang sanggup mengakibatkan kerugian terhadap perjuangan pembesaran udang aneka ragamannamei.

Pemeliharaan Udang Vannamei

         Fase pemeliharaan ini yang perlu dikontrol yakni suhu, pH, amonia dan DO. Oksigen terlarut harus dijaga dengan baik sebab sanggup menghipnotis pertumbuhan dengan cara pemberian kincir air pada setiap tambak dengan jumlah kincir air disesuekan dengan jumlah biomassa udang aneka ragamannamei, misal kalau kincir air berkekuatan 1 HP dengan pergantian air pada tambak yang cukup maka kincir air tersebur sanggup menyuplai oksigen ke 1.000 kg udang aneka ragamannamei, Kaprikornus bila ukuran tambak 0,5 ha dengan sasaran produksi 5,5 ton maka diharapkan 6 buah kincir air dengan berkakuatan 1 HP.         Tahapan ini dilakukan pula penambahan pupuk susulan setiap 1 ahad sekali dengan takaran 150 kg/ha dan juga penmbahan probiotik biar makanan alami sanggup tumbuh maksimal didalam air. Billa pH mengalami penurunan maka dilakukan pula penambahan kapur susulan untuk menetralkan pH. Pergantian air juga harus diperhatikan sebab sanggup mengakibatkan amonia yang tinggi dan sanggup menimbullkan kemeninggalan. Pergantian air dilakukan sehabis pemeliharaan mencapai 60 hari dengan aneka ragamolume air yang diganti 10 % dari total air di tambak. Sedangkan pada bulan – bulan berikutnya dilakukan sebanyak 15 – 20%, pergantian rutin ini dilakukan hingga udang siap panen.      Untuk pakan yang dipakai yakni pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami didapatkan pada ketika persiapan kolam dan penambahan pupuk tambahan. Sedangkan pada pakan buatan yang dipakai mengandung protein 30 %, biar sanggup menunjang pertumbuhan udang. Pakan diberikan setiap 3 kali sehari dengan takaran 3-5 %  dari berat badan uadang aneka ragamannamei. Pemberian pakan buatan dilakukan pada spagi jam 07.00 wib dan sore hari 16.00 wib sebanyak 30%, sedangkan pada malam hari jam 22.00 wib diberikan 40%.

Pemanenan Udang Vannamei

       Tahap pemanenan dilakukan kalau ukuran udang selepas mencapai yang diinginkan konsumen sekitar 60 ekor/kg, biasanya ukuran ini didapat bila udang selepas mencapai waktu pemeliharaan 110 – 120 hari. Harga udang itu sendiri mencapai 55 – 120 ribu per kg nya tergantung ukuran udang aneka ragamannamei yang dibeli.

       Berikut yakni tata cara bagaimana proses pembesaran udang aneka ragamannamei semoga sanggup bermanfaat bagi yang membacanya dan juga sanggup dipakai rujukan untuk perjuangan budidaya udang aneka ragamannamei

baca juga : Budidaya Ikan Nila

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive