Home » , » Plankton

Plankton

Plankton
Definisi Plankton
             Menurut Hutabarat (2000) dalam Utomo (2013), plankton merupakan organisme mikroskopis yang hidup melayang-layang di perairan. Fitoplankton dan zooplankton merupakan plankton yang saling berkaitan, fitoplankton bersifat autotrof yang menciptakan masakan sendiri sedangkan zooplankton bersifat heterotrofik yang artinya tidak sanggup memproduksi sendiri materi organik dari materi anorganik. Oleh sebab itu, untuk kelangsungan hidupnya, plankton sangat bergantung pada materi organik dari fitoplankton yang berubah menjadi makananya.
Ciri-ciri Plankton        Menurut Dewi dan Gultom(2009), Chlorella sp. Yang merupakan salah satu spesies dari fitoplankton ialah alga uniselular yang berwarna hijau dan berukuran mikroskopis, diameter selnya berukuran 3-8 mikrometer, berbentuk lingkaran menyerupai bola atau lingkaran telur, tidak mempunyai flagella sehingga tidak sanggup bergerak aktif, dinding selnya terdiri dari selulosa dan pektin, tiap-tiap selnya terdapat satu buah inti seldansatukloroplast. Chlorella sp. merupakan alga yang kosmopolit, terdapat di air payau, air lautdan air tawar. 
Peranan Plankton di Perairan         Menurut Isnansetyo dan Kurniastuty (1995) dalam Usman (2013), Plankton  mempunyai  peranan yang sangat penting di dalam ekosistem bahari.  Dapat  dikatakan  sebagai  pembuka  kehidupan  di  planet  bumi  ini. Hal ini dikarenakan oleh  sifatnya  yang  autotrof atau bisa merubah hara anorganik berubah menjadi bahan  organik  dan  penghasil  oksigen. Hasil yang diperoleh oleh plankton yang  sangat  mutlak  diperlukan  bagi kehidupan  makhluk  yang  lebih  tinggi tingkatannya.        
Jenis jenis Plankton di Perairan             Menurut Nontji (2008), fitoplankton mempunyai fungsi penting di laut, sebab bersifat autotrofik, ialah sanggup menghasilkan sendiri darai materi organik makanannya. Seluruh binatang di laut menyerupai ikan, udang, cumi-cumi hingga paus yang berukuran raksasa, bergantung pada fitoplankton, baik secara pribadi ataupun tak langsung, lewat jalur rantai pakan. Kelompok fitoplankton yang sangat umum dijumpai di perairan tropis ialah diatom (Bacillariophyceae) dan dinoflagellata (Dynophyceae).

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive