Home » » Cara Memaster Kenari Untuk Pemula

Cara Memaster Kenari Untuk Pemula

Cara memaster kenari dapat diartikan sebagai proses melatih burung {burung kenari} semoga bisa berkicau menirukan bunyi burung lain atau bunyi lainya. Karena tidak hanya suara-suara burung yang sanggup dimasterkan, namun suara-suara lain menyerupai belalang dan insan pun sanggup dimasterkan.
Sebagai rujukan sederhana burung beo/nuri yang bisa menirukan bunyi insan dan cucak jenggot yang bisa menirukan bunyi belalang.

dapat diartikan sebagai proses melatih burung  Cara memaster kenari untuk pemula

Sedangkan tujuan pemasteran dari tiap orang pun bebeda-beda, ada yang hanya sekedar hobi ada pula yang bertujuan mengikuti kontes-kontes perlombaan untuk mencari keuntungan. Karena kita tahu sendiri bahwa burung yang berhasil dimaster dan mempunyai banyak aneka ragamariasi kicauan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Oleh alasannya itu bagi pecinta burung kicauan yang sering mengikuti kontes perlombaan bisa dibilang wajib melakukan/mengetahu tata cara  memaster dalam memaster burung kenari, hal itu dimaksudkan semoga burung lombanya mempunyai bunyi isian burung yang beraneka ragamariasi serta mempunyai tonjolan bunyi yang dasyat ketika berkicau.

Panduan cara memaster kenari untuk pemula yang harus diperhatian

1. Faktor keturunan

Sangatlah besar faktor genetik/keturunan yang mensugesti kualitas bunyi anakanya, maka sebelum menentukan kenari yang akan dimasterkan kita harus mengetahui kualaitas indukanya. Indukan yang mempunyai kualitas suara, daya tangkap serta mental juara pastinya akan menurun kepada anakanya. Maka dari itu sangat disarankan untuk memilihh kenari dari keturunan/indukan yang mempunyai daya tangkap, daya ingat serta mental juara.

2. Jenis burung

Diantara burung yang gampang dalam menirukan suara-suara burung lainnya ialah seperti, murai, anis, branjangan, cucak ijo, kacer, cendet, ternyata burung kenari juga merupakan salah satu dari sekian banyak burung yang cendekia dalam menirukan bunyi burung lainya. Namun yang perlu kita ketahui ialah burung kenari jenis apakah yang harus dimasterkan, alasannya burung kenaripun mempunyai jenis-jenis yang berbeda menyerupai kenari lokal, kenari lokal super, kenari AF, kenari F1, kenari F2, dan lain lain.

Dalam hal ini bergotong-royong tidak ada keharusan perihal jenis kenari apa yang harus dimasterkan, semua itu tergantung dari tujuan masing masing indianeka ragamidu. Kalau hanya sekedar hobi, sah-sah saja menentukan kenari jenis apapun, namun kalau bertujuan untuk dikonteskan disarankan menentukan kenari besar {jenis F1,F2, atau yorkshire}. Karena kelebihan kenari tersebut yaitu, mempunyai bunyi yang keras dibandingkan jenis kenari kecil {lokal, lokal super, af}

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum proses pemasteran

1. Lingkungan

Lingkunagan yang tenang, sunyi serta tanpa gangguan menyerupai semut ataupun cicak ataupun gangguan aktifitas insan ialah lingkungan yang harus kita pilih untuk dijadikan daerah pemasteran. Seperti halnya manusia, ketika berguru akan lebih fokus dan gampang menangkap apa yang dipelajari ketika suasana tenang. Kenari pun tidak begitu berbeda, Kenari akan lebih fokus ketika mendengar bunyi masterannya dalam suasana yang tenang.

Selain itu bunyi burung master atau audio mp3 yang dipakai untuk memasterkan tersebut sanggup terdengar lebih jelas, sehingga kenari tersebut gampang untuk menyimpan suara-suara masteran tersebut dalam memory/ingatanya.Jadi menyiapkan daerah khusus untuk proses pemasteran ialah hal yang tidak bisa kita sepelekan dalam tata cara memaster burung kenari kita.

2. Waktu pemasteran

Point penting selanjutnya ialah waktu pemasteran. waktu pemasteran yang dimaksut disini bukan waktu antara jam ... hingga jam ... akan tetapi waktu dimana burung tersebut sedang bersantai atau sedang istirahat. Burung/kenari yang sedang aktif  bergerak atau berkicau tidak akan fokus mendengar bunyi masterannya, dan terkadang burung yang aktif tersebut malah akan membalas dengan bunyi khas aslinya.

Oleh alasannya itu tugas seorang pemilik disini ialah memperhatikan kebiasaan si burung tersebut, kapan waktu kenari tersebut sedang aktif dan kapan pula sedang beristirahat atau bersantai. Kenapa kita harus memperhatikan kebiasaan burung yang harus kita masterkan??  Hal itu dikarenakan setiap burung mempunyai karakter/kebiasaan yang berbeda, namun secara umum burung sering beristirahat pada pukul 09.00 – 12.00,  pukul 13.00 – 14.30, dan pukul 17.30 – 18.00.

Kesimpulanya, Salah satu cara memaster kenari ialah menentukan waktu pemasteran ketika burung tesebut sedang bersantai atau sedang istirahat semoga proses pemasteran berjalan menyerupai yang kita inginkan.

3. Kondisi kesehatan si burung

Kenari yang sedang dalam kondisi sehat sangat baik kalau dilakukan pemasteran, alasannya pada kondisi sehat tersebut daya ingat si burung sedang pada kondisi terbaiknya. Maka dari itu walaupun kita sedang berfokus pada pemasteran, kesehatan si burung jangan kita lupakan semoga burung tersebut selalu dalam kondisi fit.

Selain itu kondisi burung pada ketika mabung {berganti bulu} juga sangat sempurna kalau dilakukan pemasteran. Karena pada kondisi tersebut, burung akan lebih banyak diam, lemas, dan kondisinya ngedrop, itu ialah proses alamiah si burung dan bukan gejala sakit.

Pada ketika mabung tersebut bisa kita manfaatkan untuk melaksanakan proses pemasteran, hal itu dikarenakan pada ketika proses mabung burung cenderung hanya ingin beristirahat dengan keadaan yang tenang. Dan yang perlu kita ketahui bahwa proses pemasteran burung ketika pada kondisi mabung sanggup menghilangkan isian bunyi yang meninggal.

4. Lagu/suara yang akan dimasterkan

Dalam proses persiapan cara memaster kenari, jangan hanya sekedar menentukan burung-burung master tapi kita juga harus memperhatikan jenis lagu, bunyi yang akan dimaster serta kualitas burung master itu sendiri, hal tersebut semoga mempermudah kenari yang akan dimaster dari mulai lagunya dan tingkat aneka ragamolume burung tersebut.

Meskipun sama-sama burung kenari namun setiap kenari mempunyai aksara yang berbeda-beda, ada yang bisa berkicau panjang ada juga yang tidak, ada yang mempunyai tonjolan bunyi ketika berkicau ada juga yang tidak. Oleh karna itu kita harus menyesuikan lagu/suara yang akan dimasternakan sesuai kemampuan setiap kenari.

Untuk itu sanggup kita simpulkan bahwa memahami aksara setiap kenari yang akan dimaster sangatlah penting semoga kita sanggup memperlihatkan bunyi masteran yang sempurna dan sesuai untuk kenari tersebut.

Proses dan cara memaster burung kenari


Pada dasarnya semua makhluk hidup akan menirukan tingkah laris ataupun ucapan yang diajarkan oleh orang tua/indukanya, jadi pada tahap proses pemasteran ini kita akan mengambil langkah seperti kita ialah indukan kenari tersebut dari segi suara/kicauan.

- Hal pertama tentunya kita harus menentukan kenari jantan yang masih muda terlebih dahulu. sesesudah anakan kenari disapih dari induknya, lekas jauhkan kenari anakan tersebut ketempat lain supaya tidak mendengar bunyi indukanya.

- Lalu pahamilah aksara kenari tersebut, mulai dari kapan tidurnya, kapan istirahatnya, dan kapan jam aktif-aktifnya. sesesudah kita mengetahui jam-jam istirahat dan jam santainya, gunakan jam-jam tersebut untuk proses pemasteran.

- sesesudah itu buatlah agenda untuk memasterkan burung kenari tersebut, siapkan daerah dan rekaman burung masteranya dan ikuti agenda pemasteranya secara teratur.

- Berikan satu lagu/suara masteran yang sama pada 1 bulan pertama semoga burung kenari tersebut tidak resah dan gampang untuk mengingat satu lagu/suara masteran tersebut.

- Dengarkan lagu/suara masteran tersebut sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari diwaktu santai/tidur dengan durasi kurang lebih setengah jam dengan aneka ragamolume bunyi yang sedang dan jelas. Dan pakaikanlah kerodong kandang selama proses pemasteran.

- Selain itu pemasteran burung kenari diluar agenda tersebut juga sanggup dilakukan ketika kenari selesai dari proses penjemuran.

- Jika pada bulan pertama tersebut kenari berhasil menguasai lagu/suara masteranya tersebut maka pada bulan berikutnya sanggup kita berikan aneka ragamariasi bunyi masteran yang lain.

Demikian tata cara memasterkan burung kenari utuk pemula yang bisa kita jadikan panduan, semoga bermanfaat.
baca juga: panduan dasar beternak kenari


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive