Home » » Cara Ternak Kenari Yang Baik Bagi Pemula

Cara Ternak Kenari Yang Baik Bagi Pemula

Cara beternak kenari, persiapan, perawatan, proses penjodohan

Burung kenari yaitu burung yang banyak dipelihara seseorang alasannya ialah keunikan warna dan kemerduan suaranya. Dalam bahasa latin disebut dengan Serinus Canaria, habitat orisinil burung ini dipulau canary oleh alasannya ialah itu diberi julukan burung kenari.
Diindonesia sendiri burung kenari pertama kalinya diimpor dari negara-negara eropa dan kemudian dibudidayakan hingga kini selepas berubah menjadi ribuan.

Banyak dikalangan masyarakat yang berlomba-lomba membudidayakan burung tersebut, mulai dari sekdar hobi, tertarik alasannya ialah warna dan suaranya hingga dengan diternakkan untuk mencari keuntungan. Bahkan hingga ketika ini meskipun hargaya merosot kenari masih berubah menjadi primadona para peternak burung. Mengapa bisa begitu?? Hal itu dikarenakan modal tidak terlalu banyak, jikalau menetas jumlah anakan yang dihasilkan banyak, harga pakan yang relatif murah {meskipun harga kenari merosot masih bisa menjumpai laba alasannya ialah harga pakanya murah}.

Meskipun kenari salah satu burung yang gampang diternakkan dan bisa menghasilkan laba yang bisa dibilang lumayan, namun untuk sebagian peternak merasa kesulitan dalam proses pemeliharaanya, mulai dari usang betelurnya, telur tidak pernah menetas, anakan sering meninggal, tidak mau berkicau, dan lain sebagainya. Itu semua yaitu waktulah umum dalam beternak, dan semua waktulah itu bisa diatasi asalkan kita mau bersabar dan belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Karena kunci dari beternak burung yaitu bersabar dan mencar ilmu dari orang yang lebih berpengalaman.

Dasar-dasar sebelum beternak kenari

Seorang peternak sebelum terjun dalam dunia peternakan haruslah memiliki dasar yang harus dipelajari supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari. Contoh penyesalan tersebut misalnya, kita memiliki uang banyak dan memutuskan untuk bisnis/ternak kenari, akan tetapi kita belum paham waktulah perihal kenari {harga pasaran, ciri usia kenari, dan lain sebagainya} alhasil dengan terburu-buru kita membeli kenari, sesudah hingga dirumah kita pelihara dengan bahagia hati dan berharap kenari tersebut lekas bertelur.

selepas beberapa bulan kenari tersebut tidak juga bertelur, hingga pada alhasil ada temen yang selepas berpengalaman tiba dan bilang bahwa kenari tersebut selepas tua. alhasil mau tidak mau kenari tersebut dijual dengan harga yang lebih murah. Itulah pola yang saya alami sendiri jikalau kita tidak mengetahui dasar-dasar dalam beternak burung.

Lalu apa dasar-dasar cara ternak kenari yang baik bagi pemula supaya kita tidak menyesal/gagal dikemudian hari??

1. Persiapan

Persiapan sebelum beternak kenari sangat menentukan keberhasilan seorang peternak, tidak hanya beternak kenari, beternak apapun langkah utama yang harus dipelajari yaitu persiapan, apalagi bagi seorang pemula. Berikut ini yaitu dasar dari sebuh persiapan:

- menetukan tujuan beternak

Ada 2 tujuan yang harus anda pilih ketika akan beternak

 a. Jika anda yaitu seorang yang hobi dalam bunyi burung, maka pilihlah untuk berubah menjadi pemaster burung dengan mengikuti kontes kontes kejuaran burung untuk mencari keuntungan. Sedangkan cara memaster kenari untuk pemula pun juga harus kita pamahi terlebih dahulu supaya menjumpai bunyi masteran menyerupai yang kita harapkan.

 b. Dan jikalau anda tidak hobi dalam waktulah kicauan burung, maka pilihlah untuk menernakkan kenari untuk mencari keuntungan. Meskipun secara umum terlihat tidak ada bedanya namun kedua tujuan tersebut jikalau tidak kita pilih dari awal nantinya akan menawarkan pengaruh yang negatif. Karena kedua tujuan tersebut memiliki ilmu yang berbeda dalam penangananya untuk menui hasil yang diharapkan. Pilihlah salah satu tujuan anda, dan fokuslah dalam tujuan tersebut.!


- Mengenal kenari

Pada point kedua ini hal yang harus anda siapkan yaitu pemahaman perihal burung kenari. Sebelum membeli kenari setikdaknya kita harus mengetahui perihal jenis-jenis kenari dan ciri mengetahui usia kenari. Jika kedua hal tersebut kita pahami besar kemungkinan kita tidak akan tertipu walaupun kita seorang pemula dan belinya dipasaran. Selain itu disarankan utuk membeli kenari pada peternak langsung, alasannya ialah ada kelebihan-kelibahan membeli pribadi dari peternak daripda di pasaran.

Lantas apa kelebhan membeli kenari dari peternak langsung?

Ada beberapa kelebihan jikalau kita membeli kenari dari peternak langsung, contohnya kita bisa melihat pribadi postur badan dari induk kenari yang mau kita beli, dan kita bisa menanyakan pribadi kepada peternak perihal anak keberapa kenari yang mau kita beli dan lain sebagainya.

- Mengetahui harga pasar

Tujuan dari mengetahui harga pasar yaitu, supaya kita bisa membeli kenari sesuai dengan  harga yang semestinya {tidak kemahalan}. Dengan berpatokan pada harga pasar tentunya kita bisa menawar misalkan dikasih harga dengan harga yang mahal.

- Tentukan  beternak mulai anakan atau siap kawin

Suatu kesuksesan berawal dari hal-hal kecil yang kadang kita tidak menyadarinya, menyerupai halnya ketika kita menentukan pilihan memulai beternak dari anakan atau siap kawin. Walaupun terlihat sama saja kedua hal tersebut perlu diperhatikan khususnya bagi pemula.

Klebihan dari membeli kenari anakan yaitu harganya yang relatif murah, namun disini kita dituntut untuk bersabar hingga waktu penjodohan, alasannya ialah kenari siap kawin sekitar 7 bulan. Sedangkan laba dari membeli kenari siap kawin yaitu, kenari bisa lekas dijodohkan, dan kekuranganya yaitu harganya yang relatif mahal.

selepas mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing point tersebut, tentunya kita bisa mengetahui seberapa besar kemampuan kita untuk menentukan pilihan tersebut,

2. perawatan

Dasar-dasar dalam beternak kenari yang kedua yaitu perawatan, perawatan merupakan sala satu faktor dari sekian banyak faktor yang menentukan keberhasilan seorang peternak. Kaprikornus buat seorang yang mau berbisnis untuk ternak kenari ada beberpa faktor yang harus anda kuasai.

- dukungan pakan

Didalam dukungan pakan burung kenari harus kita takar sesuai porsinya dilarang kurang dan dilarang lebih. Kelebihan dalam dukungan pakan akan mengakibatkan burung kenari berubah menjadi gemuk, akhir jikalau burung kenari gemuk yaitu tidak mau berkicau {jika jantan}, tidak mau kawin {kalaupun mau kadang telurnya tidak menetas}. Dan jikalau kita kurang dalam pembrian pakan, maka burung tersebut akan stres.

Selain itu waktu dukungan pakan juga harus dibiasakan, jikalau terbisa pagi maka kedepanya usahakan menawarkan pakan setiap pagi. Selain bijian pakan komplemen berupa amisan {tulang sotong, eggfood ataupun telur puyuh}, sayuran {sawi,timun} dan buah {apel,peer} juga harus diberikan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan aneka ragamitamin si burung. Namun pakan komplemen tersebut juga harus diperhatikan dalam pemberianya



misalkan: ketika burung mabung ataupun ketika mau kawin kita harus memberinya amisan menyerupai telur puyuh, supaya mabungnya tersebut cepat tuntus, alasannya ialah sewaktu mabung brung memerlukan banyak protein untuk pertumbuhan bulunya, dan ketika mau kawin kenari juga banyak membutuhkan protein untuk merangsang birahinya.

- Memandikan dan penjemuran

memandikan serta menjemur burung kenari bertujuan untuk menghilangkan kutu dan membasmi bakteri-bakteri yang ada dikandang. Selain itu burung yang rutin dimandikan dan dijemur akan semakin sehat dibandingkan dengan burung yang jarang dimandikan.
Proses memandikan dan menjemur burung kenari sebaiknya dilakukan tidak lebih dari jam 10. Karena sesudah jam 10 terik matahari selepas mulai panas.

3. Penjodohan



yaitu burung yang banyak dipelihara seseorang alasannya ialah keunikan warna dan kemerduan suarany Cara ternak kenari yang baik bagi pemula
Jika kita menentukan bisnis kenari untuk diternakkan maka proses penjodohan harus kita pelajari supaya kenari yang kita pelihara cepat dalam bertelur dan tentunya semua telur menetas.
Lantas bagaimana proses penjodohan yang baik itu?

Hal pertama yang harus kita pamahi dalam proses penjodohan burung kenari yaitu umur kenari. Walaupun kenari yang kita punya yaitu kenari yang memiliki kualitas unggulan, akan tetapi jikalau kenari tersebut belum masuk diusia produksi penjodohan dengan sistem apapun tidak akan berhasil. Kenari betina yang selepas siap kawin stelah memasuki umur 7 bulan, sdeangkan yang jantan memasuki umur 9 bulan/10 bulan {khusus kenari lokal}.

selepas memasuki umur tersebut sandingkan terus antara kenari jantan dan betina sambil dmandikan dan dijemur, dan jangan lupa untuk menawarkan telur puyuh supaya birahi kedua kenari tersebut muncul. Siapkan sarang disangkar kenari betina, dan jikalau kenari betina selepas memperlihatkan gejala menyerupai membawa-bawa sarang dan merapikan sarangnya, lekas masukkanlah kenari jantang kedalam sangkar kenari betina supaya kedua kenari tersebut kawin.

Ameninggal kedua kenari tersebut, jikalau selepas terjadi perkawinan 2-3 kali lekas ambil kenari jantan tersebut dan pisahkan. Besoknya lagi ulangi proses perkawinan tersebut hingga kenari bertelur 2-3 butir, sesudah kenari bertelur jauhkan kenari jantan dan kenari betina supaya proses pengeraman tidak terganggu. Proses pengeraman berlangsung sekitar 2 minggu, dan sesudah telur-telur menetas lekaslah menawarkan telur puyuh stiap hari. Pemberian telur puyuh setiap hari sesudah telur-telur menetas bertujuan supaya dipakai si induk meloloh bawah umur kenari tersebut.

Cara beternak burung kenari bersama-sama sangatlah gampang alasannya ialah kenari merupakan golongan dari burung pemakan biji yang cara pemeiharaanya cukup gampang jikalau dibandingkan dengan burung paruh panjang. Burung kenari, kambing, dan lintah merupakan binatang hewan yang gampang dipelihara, jikalau anda ingin beternak kenari banyak manfaat yang bisa didapat menyerupai cepat dalam berkembangnya, harga pakan cukup murah, dan suaranya juga merdu. Begitu pun dengan beternak kambing etawa, kegunaan susunya banyak dicari-cari orang, begitupun dengan beternak lintah, alasannya ialah kegunaan minyak lintahnya sangat banyak, selain itu gampang dipelihara.

Itulah dasar-dasar beternak kenari yang harus kita pelajari {khususnya untuk pemula} supaya membuahkan hasil menyerupai yang kita harapkan.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive