Home » » Cara Budidaya Ikan Mas Koki Yang Sangat Gampang Untuk Dilakukan Pemula

Cara Budidaya Ikan Mas Koki Yang Sangat Gampang Untuk Dilakukan Pemula

            Budidaya Ikan Mas KokiIkan mas koki adalah ikan hias yang cukup mahal dan banyak penggemarnya sehingga cocok untuk perjuangan budidaya ikan mas koki. Ikan mas koki banyak penggemarnya di indonesia maupun di internasional sehingga banyak pecinta ikan mas koki yang masih mencarinya. Kaprikornus jangan khawatir kalau ikan mas koki tidak laku. Selain mempunyai tubuh yang sangat lucu ikan mas koki juga mempunyai sirip yang sangat indah. Berikut cara budidaya ikan mas koki yang gampang diterapkan.  adalah ikan hias yang cukup mahal dan banyak penggemarnya sehingga cocok untuk perjuangan  Cara Budidaya Ikan Mas Koki yang Sangat Praktis untuk Dilakukan Pemula

Proses Pembenihan Ikan Mas Koki

Persiapan wadah / bak ikan mas koki

            Persiapan wadah pembenihan ikan mas koki ini sangat lah penting alasannya sangat mensugesti kualitas air bak dan sumber air kolam. Untuk bak yang cantik untuk pemijahan sebaiknya bak diletakkan jauh dari kendaraan bermotor, pemangsa / hama seprti ular, katak dan burung serta jauhkan dari tanaman yang lebat daunnya alasannya kalau daun jatuh kekolam akan mensugesti kualitas air di kolam. Untuk bentuk / kontruksi bak sebaik nya dibentuk persegi panjang kira – kira berukuran panjang 1 – 2 m dan lebar 0.75 - 1,5 m dengan kedalaman 30 – 50 cm. Jangan lupa bak dibentuk agak miring ke satu sisi dan buatlah akses pemasukan dan pengeluaran dibentuk kecil dan pada akses pembuangan dikasih jaring yang kecil semoga telur tidak ikut keluar.             Selanjutnya yang dipersiapkan dalam budidaya ikan mas koki adalah air. Pangisian air dilakukan secara sedikit demi sedikit namun sebelum dilakukan pengisian air bak di pastikan higienis dari lumut ataupun yang lainnya dan dilakukan pengeringan selama 1 – 3 hari semoga bak tidak ada penyakit yang ada di dalam wadah. sesesudah pengeringan air dimasukkan namun sebelum air dimasukakan ke bak air terlebih dahulu diendapkan terlebih dahulu selama 15 – 24 jam. sesesudah di endapkan air sehabis bias dimasukkan kedalam bak / wadah dan sanggup digunakan serta tambahkan tanaman air yang mempunyai akar yang panjang semoga sanggup kawasan menempelnya telur.

Pemilihan Induk Ikan Mas Koki

 adalah ikan hias yang cukup mahal dan banyak penggemarnya sehingga cocok untuk perjuangan  Cara Budidaya Ikan Mas Koki yang Sangat Praktis untuk Dilakukan Pemula
            Pemilihan induk sangat lah penting dan sangat besar lengan berkuasa terhadap kualitas benih ikan mas koki alasannya kualitas induk mensugesti kualitas anaknya. Untuk pemilihan induk yang pertama yang perlu dipastikan adalah menyerupai ikan harus matang gonad, sehat, bergerak aktif, sirip seimbang serta sirip tidak bengkok kebawah dan sisik tidak rontok. Perhatikan pula kuliner calon idukan kalau untuk di pijah kan beri makanan  menyerupai cacing, jentik nyamuk dan kroto semoga jadinya bagus.

Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Induk Jantan Ikan Mas Koki             Pertama ada benjolan kecil di tutup insang, selanjunya kalau di tekan pada bab perut keluar cairan putih, dubur berbentuk oaneka ragamal dan kalau sehabis matang gonad ikan jantan biasanya berumur 7 bulan. Induk Betina Ikan Mas Koki             Ciri pertama induk betina adalah mempunyai perut yang lebih besar, kalau dipencet perutnya ada cairan kuning menyerupai telur ikan, dubur berbenuk lingkaran serta besar dan biasanya indukan betina akan matang gonad berumur 8 bulan.  

Proses Pemjahan Ikan Mas Koki

            Pemijahan ikan mas koki ini dilakukan di dalam bak ataupun wadah. Sebelum ikan mas koki dipijah kan dalam kolm sebaiknya ikan mas koki di pisah kan terlebih dahulu antara jantan dan betina kira – kira umur 3-4 bulan, ini di maksudkan semoga menjadikan rasa kangen dan sanggup merangsang tingkat nafsu ikan mas koki. sesesudah dipisah kan kemudian ikan dipertemukan dalam satu bak untuk melaksanakan pemijahan. Perlu diperhatikan juga dalam pemijahan yang paling ideal adalah jumlah janta 4 dan betina 1 jangan hingga terlalu banyak akan menjadikan hal yang tidak baik pada ikan mas koki itu sendiri.             Proseses ikan mas koki mengalami pemijahan adalah ikan mas koki jantan dan betina akan melaksanakan kejar kejaran dan kemudian ikan jantan akan menggesekkan badannya ke perut ikan betina, selanjutnya ikan jantan akan mengeluarkan seperma yang akan membuahi telur betina dan telur yang keluar akan melekat pada akar tanaman air yang sehabis di sediakan. sesesudah telur keluar pindah kan ikan iduk jantan ke bak lain dan telur yang melekat pada tanaman air jangan hingga di pindah dari wadah serta usahakan telur jangan hingga terkena sinar matahari secara eksklusif dan terkena hujan.

Penetasan Telur dan Perawatan Anakan Ikan Mas Koki


            Penetasan telur biasanya terjadi kalau telur yang dibuahi mencapai umur 3 hari, telur akan menetas. sesesudah anakan mas koki menetas jangan diberi makan terlebih dahulu alasannya masih ada kuliner bawaan. sesesudah kuliner bawaan hilang gres dikasih kuliner menyerupai kutu air ataupun tubifex yang baik untuk pertumbuha ataupun kuliner buatan yang mencerahkan warna. Pemberian kuliner ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan. 
Baca juga : Cara Memilih Ikan Mas Koki Berkualitas
           Berikut adalah artikel ihwal bagaimana cara budidaya ikan mas koki untuk pemula. Semoga artikel ini sanggup di jadikan acuan untuk petani ikan mas koki pemula maupun yang sehabis usang melaksanakan nya. Untuk kurang lebihnya sanya mohon maaf dan terima kasih telah membacanya. Semoga bermanfaat   

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive