Home » » Cara Memelihara Angsa Petelur Yang Benar Dan Baik

Cara Memelihara Angsa Petelur Yang Benar Dan Baik

Cara memelihara belibis petelur | Penurunan sebuah hasil telur belibis yang kita pelihara sering kali berkembang menjadi pertanyaan bagi para peternaknya, masih sanggup kita katakan normal jikalau penurunan tersebut hanya 1-5% saja, alasannya belibis juga membutuhkan waktu beberapa hari untuk istirahat tidak bertelur. Namun apakah anda masih juga menyampaikan normal jikalau turunnya secara drastis diangka 30-50% dari biasanya??


Jika penurunan hasil telur belibis yang kita pelihara mencapai angka 30-50% maka kita harus mewaspadainya, mungkin ada yang salah dalam cara memelihara belibis petelur yang sedang kita tekuni, atau mungkin ada penyebab lain yang kurang kita pahami. Selain cara yang salah dikala kita memeliharanya, penyebab lain yang sering kali berkembang menjadi penyebab penurunan telur belibis yakni penyakit.

Penyakit yakni momok yang paling seram bagi semua peternak, tidak hanya beternak belibis petelur, beternak lele, beternak sapi, beternak kenari, beternak kambing pun akan merasa sangat dirugikan jikalau penyakit menyerang. Karena jikalau penyakit menyerang khususnya pada belibis petelur maka produktifitas telurnya akan terhenti total hingga belibis tersebut sembuh.

Selain penyakit yang berkembang menjadi faktor penurunan produktifitas telur bebek, faktor lain yang berkembang menjadi penyebabnya yakni salah dalam cara memelihara belibis petelur tersebut. Kesalahan kecil yang kadang tidak kita sadari diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Tidak menunjukkan pakan amisan

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya ihwal pakan belibis petelur biar selalu bertelur bahwa amisan merupakan kunci utama didalam beternak belibis petelur biar produktifitas telurnya tetap terjaga. Karena pakan amisan merupakan sumber protein yang sangat diharapkan oleh belibis untuk menunjang produktifitas telurnya. Banyak peternak belibis bilang cara memelihara belibis petelur yang baik yakni dengan selalu menunjukkan pakan amisan setiap hari biar supaya sanggup bertelur setiap hari.

Kesimpulanya: Jangan hanya menunjukkan pakan biar belibis kenyang saja, belum tentu belibis tersebut sanggup bertelur walaupun kita setelah mencukupi kebutuhan pakan /harinya jikalau tidak menunjukkan pakan amisan.

2. Bebek hanya dikurung dikandang
Banyak cara yang sanggup kita lakukan didalam memeliharaan belibis petelur, sanggup dikurung atau diliarkan. Namun tahukah anda bila belibis petelur jikalau hanya dikurung saja maka tidak akan sanggup menhasilkan telur secara konsisten dan maksimal, kadang bertelur dan kadang tidak bertelur. Dan belibis yang hanya diliarkan niscaya akan selalu bertelur "dengan catatan kebutuhan pakanya tercukupi".

Meskipun kebutuhan pakan belibis petelur antara dikurung dan diliarkan sama-sama tercukupi namun produktifitas telurnya niscaya lebih banyak belibis yang diliarkan. Kenapa sanggup begitu?? Karena belibis yang dikurung hanya akan menjumpai jatah pakan yang diberikan saja, belum tentu pakan tersebut sanggup mencukupi kebutuhan protein yang dibutuhkan dalam sehari. Berbeda dengan belibis yang diliarkan, alasannya mereka bebas mencari dan menentukan pakan yang tersedia dialam liar.

3. Hanya memelihara belibis betina saja

Dulu saya berpikir jikalau belibis petelur sanggup bertelur tanpa adanya belibis jantan, pandangan saya dahulu itu memang benar dan terbukti bahwa belibis sanggup bertelur tanpa adanya belibis jantan. Namun itu hanya bersifat jikalau asupan pakan yang mengandung zat-zat penting untuk pembetukan telur selalu tercukupi. Jika tidak maka belibis tersebut akan bertelur semaunya saja, berbeda jikalau ada belibis pejantan. Makara antara faktor internal dan eksternal harus kita imbangi supaya belibis tersebut sanggup bertelur secara konsisten.

Ada 2 faktor yang sanggup kuat sehingga telur belibis sanggup dihasilkan, faktor internal (dalam) hormon + sistem reproduksi dan faktor eksternal (luar) makanan.

Tips memelihara belibis petelur

A. Aturlah jadwal tunjangan pakanya

Bebek yakni salah satu binatang ternak yang sanggup merasa stress apabila kebiasaan kita dalam memberi pakan tidak teratur, pagi kadang jam 07:00 memberi pakan, kadang jam 06:00 memberi pakan, kadang jam 09:00 memberi pakan atau malah kadang jam 10:00 gres diberi pakan. Itulah mengapa sering kali berkembang menjadi penyebab belibis telat dalam bertelurnya, biasanya di malam hari belibis bertelur, namun kita jumpai pada malam hari tidak bertelur disiang harinya gres bertelur.

Itulah kenapa kita harus mengatur jadwal tunjangan pakanya, tidak harus menyebarkan jadwal. Jadikanlah waktu dalam memberi pakan tersebut berkembang menjadi kebiasaan. Jika setelah berkembang menjadi kebisaan kita pada waktu yang telah kita tentukan maka niscaya akan berkembang menjadi kebiasaan.

Biasanya para peternak menunjukkan pakan utama dipagi hari setelah belibis keluar dari kandangnya, pakan utama yang dimaksut disini menyerupai bekatul, nasi aking dan lain sebagainya. Sedangkan pakan amisan/pakan sumber protein diberikan pada siang dan sore hari.

Kenapa tidak mencampurkan saja antara pakan utama dengan pakan amisan/sumber protein?? Karena jikalau kita mencampurkan antara pakan amisan dengan pakan utama ditakutkan pencampuran tersebut tidak merata, jikalau pencampuran pakan tidak merata sanggup dipastikan ada belibis yang kebagian ada juga belibis yang tidak kebagian pakan amisan sama sekali, jadinya ada belibis yang bertelur ada juga belibis yang tidak bertelur. Itulah tujuan kenapa kita harus memisahkan tunjangan pakan amisan dengan pakan utama.

B. Pastikan semua kebagian pakan amisan

Pemberian pakan amisan sanggup kita berikan 2 kali sehari siang hari dan sore hari, siang hari sanggup jam 13:00 sanggup juga jam 14:00, dan sore harinya sanggup jam 16:00 sanggup juga jam 17:00 atau sebelum belibis masuk kekandang.

Bagaimana caranya biar belibis tersebut semua kebagian pakan amisan?sumber protein??
Cara supaya sumua belibis kebagian pakan amisan yakni dengan memberi wadah/tempat pakan amisan tersebut secara merata, jikalau belibis yang anda pelihara hanya 5 atau 10 ekor saja sanggup anda bagi berkembang menjadi 2 tempat, biar belibis tidak berdesak-desakan dikala memakan pakan amisan/sumber protein yang anda berikan.

Begitu pun seterusnya, jikalau belibis yang anda pelihara jumlahnya ratusan maka harus anda bagi-bagi secara merata dengan memberikan/menempatkan wadah pakan yang lebih banyak. Tidak mungkin kan kita hanya menunjukkan 1-2 wadah pakan jikalau belibis yang kita pelihara jumlahnya 100 ekor?. Untuk itu berikanlah wadah/tempat pakan sesuai dengan jumlah belibis yang anda pelihara biar semua sanggup menjumpai jatah pakan yang anda berikan.

C. Gembalakanlah belibis yang anda pelihara

Banyak peternak belibis bilang "jika kita beternak bebek, kalau hanya mengandalkan pakan kosentrat yang kita beli ditoko pakan ternak, sanggup dipastikan perjuangan beternak belibis kita akan merugi". Maka tidak mengherankan peternak belibis pemula sering kali gulung tikar/rugi sehingga tidak melanjutkan perjuangan beternak mereka.

Untuk itu menggembalakan belibis sanggup dikatakan wajib jikalau anda ingin menjumpai hasil menyerupai yang anda harapkan, apalagi perjuangan beternak belibis tersebut yakni penghasilan utama anda, maka sanggup dikatakan sangat wajib.

Lantas apakah kita harus menggembalakan belibis tersebut sehari suntuk?? jawabanya yakni tidak, menggembalakan belibis yang baik yakni dipagi hari setelah bebek-bebek tersebut keluar dari kandang. Biasanya waktu yang diharapkan kurang lebih hanya 4-5 jam saja "tergantung dengan ketersediaan pakan disawah kawasan kita menggembalakan", kita tidak usah memikirkan kapan harus membawanya pulang alasannya jikalau setelah kenyang belibis tersebut akan memberi gejala untuk pulang.

sesesudah hingga dikandang belibis tersebut akan cenderung beristirahat, dan jikalau sore menjelang barulah kita kasih pakan utama setelah itu pakan amisan menyerupai yang telah dijelaskan diatas. Itu saja sedikit cara singkat dalam memelihara belibis petelur yang benar, semoga bermanfaat dan salam budidaya belibis petelur..

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive