Home » » Cara Penggemukan Kambing

Cara Penggemukan Kambing

Bagaimana cara penggemukan kambing??

Cara penggemukan kambing dapat diartikan sebagai suatu acara pemeliharaan kambing dengan cara-cara yang efektif untuk mencapai berat badan/daging yang maksimal. Dalam hal beternak kambing dengan tujuan untuk menaikkan/penggemukan tubuh lebih efektif kalau dipelihara dalam jangka waktu 3-5 bulan saja atau sanggup juga disebut jangka pendek menyerupai yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya perihal cara beternak kambing jawa.

Dan yang perlu diingat, dalam memaksimalkan cara/usaha dalam penggemukan kambing kita dilarang hanya berfokus pada pinjaman pakanya saja. Memang intinya kambing sanggup gemuk lantaran pinjaman pakan yang baik dan maksimal, namun kalau kambing tersebut tidak nafsu makan, apakah kambing tersebut sanggup gemuk? Gemuk niscaya erat kaitanya dengan banyak makan, banyak makan niscaya dikarenakan nafsu makan, nafsu makan niscaya dipengaruhi dengan kesehatan, dan kesehatan niscaya didasari dengan kebrsihan. Kaprikornus sanggup kita simpulkan untuk menggemukkan kambing jangan hanya terpacu pada pinjaman pakanya saja, namun kebersihan serta kesehtanya juga harus kita rawat atau jaga sebaik-baiknya.

  Cara penggemukan kambing supaya cepat gemuk.


1. Pemilihan bibit {postur tubuh}



Salah satu cara dalam penggemukan kambing merupakan pemilihan bibit dengan postur tubuh yang anggun perlu kita perhatikan dengan benar semoga kambing yang kita pelihara bobotnya sanggup maksimal. Semakin baik postur tubuh bibit yang kita pilih maka semakin besar pula keuntungan yang mungkin sanggup kita dapatkan.

Ciri kambing sehat dengan postur tubuh yang baik:

- Dilihat dari postur tubuh, kakinya terlihat panjang, lehernya juga terlihat panjang, perutnya tidak buncit, pada belahan punggunya rata/tidak cekung, dan badanya kelihatan panjang.

- Dilihat dari gerakan, gerakanya lincah sanggup diuji ketika kambing sedang duduk kemudian kita dekati dan niscaya kambing nati berdiri. Dan ketika bangkit itulah jIka gerakanya lambat maka kambing tersebut kurang sehat, namun kalau gerakanya sigap sanggup dipastikan kambing tersebut sehat.

- Dilihat dari fisiknya, mata cerah kelihatan higienis dan tidak sayu, hidung tidak ada lendir, bulunya halus dan bersih, bulunya tidak kusam dan berdiri, tidak ada luka atau penyakit pada kulit tubuhnya, pada anus tidak ada gejala mencret.

Itulah tanda kambing yang sehat dan postur tubuh yang baik, akan tetapi dalam pemilihan bibit kambing untuk dipelihara dalam jangka 3-5 bulan sangat disarankan menentukan kambing yang kurus. Kurus dalam artian kambing tersebut kurang diberi pakan bukan kurus lantaran sakit. Untuk lebih jelasnya kenapa disarankan menentukan kambing yang kurus, silahkan dibaca cara beternak kambing jawa.

2. Kebersihan

Kebersihan memang memegang peranan sangat aneka macamital dalam beternak, lantaran kebersihan yang kurang akan cepat menimbulkan banyak sekali macam penyakit. Maka dari itu dan menyerupai yang telah saya jelaskan diatas bergotong-royong kambing sanggup gemuk didasari oleh beberapa faktor dan tidak hanya pinjaman pakan.

Jagalah sangkar kambing semoga tidak lembab

Agar sangkar kambing tidak lembab tentunya recana awal dalam pembuatanya harus disiapkan. Kandang kambing jenis sangkar panggung sangat disarankan supaya sangkar tersebut tidak lembab, lantaran desain lantai sangkar jenis ini sanggup dikasih sela-sela 2-3 cm semoga kotoran serta air kencing sanggup eksklusif terbuang kebawah. Sealain itu proses membersihkan kotoran kambing harus kita lakukan maksimal 3 kali sehari semoga bebas dari kuman yang disebabkan kotoran tersebut. Sedankan untuk menjaga kebersihan tubuh kambing kita sanggup memandikanya seminggu/ 2 ahad sekali disaat cuaca mendukung.

3. Pemberian pakan dan minum

Kebutuhan pakan kambing dalam sehari merupakan 10% dari berat badanya, dan pakan tambahan/kosentrat 1 - 2% dari berat badanya pula. Maka dari itu dalm sehari kita harus mencukupi kebutuhan pakan kambing tersebut semoga kambing berkembang menjadi gemuk. Berbicara cara penggemukan kambing pasti pakan suplemen {kosentrat} yang sering dijadikan andalan banyak para peternak.

Lalu pakan tambahan/kosentrat aapakah yang baik agar kambing cepat gemuk??

Pakan tambahan/kosentrat yang baik untuk penggemukan kambing merupakan pakan apabila dberikan maka kambing tersebut mau memakanya dan bukan pakan yang mempunyai kualitas bagus. Memang pakan tambahan/kosentrat yang lengkap akan nutrisinya mempunyai kualitas top leaneka macamel, namun kalau kambing tersebut tidak mau memakanya/kurang nafsu memakanya sama saja bohong. Dan tentunya pakan dengan kualitas yang top leaneka macamel niscaya harganya jauh lebih mahal dibandingkan pakan kosentrat pada umumnya. Maka dari itu sanggup disimpulkan bahwa pakan tambahan/kosentrat yang baik merupakan pakan yang apabila diberikan maka kambing tersebut mau dan semangat memakanya. Dengan nafsu makan yang tinggi tentunya kambing tersebut akan makan lebih banyak, dan kalau makanya banyak sanggup dipastikan bobot badanya akan cepat bertambah.

Berikut pakan yang sering jadi andalan para peternak semoga kambing yang dipelihara cepat gemuk.

1. Ketela pohon {pohong}

dapat diartikan sebagai suatu acara pemeliharaan kambing dengan cara Cara penggemukan kambing

Manfaat dan kandungan dari singkong usai dipercaya dari dulu untuk mempercepat penggemukan ternak ruminansia, selain harganya murah dan gampang dicari ataupun ditanam sendiri singkong juga mempunyai manfaat antara lain.

- Sumber protein
Meskipun ketela kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan kacang-kacangan, namun ketela mempunyai protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan kentang. Selain itu protein pada singkong sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan.

- Sumber karbohidart
Dalam 200 gram singkong terdapat 320 kalori dan sebagian besar terdiri dari zat sukrosa, maka dari itu singkong sanggup menggantikan kalori pada kambing yang terbuang.

- Sumber aneka macamitamin B kompleks
Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh serta serta memproduksi sel darah merah. Selain itu singkong juga mempunyai kandungan lain menyerupai serat, aneka macamitamin k, mineral, dan melancarkan pencernaan ternak.

2. Dedak padi

dapat diartikan sebagai suatu acara pemeliharaan kambing dengan cara Cara penggemukan kambing

Selain ketela pohon, bekatul juga sering berkembang menjadi andalan para peternak ruminansia untuk mempercepat pertumbuhan serta mempercepat penggemukan bobot badan. Kandungan bekatul antara lain

- Serat
Serat merupakan kandungan nutrisi tertinggi dalam bekatul, kandungan serat tertinggi dari bekatul inilah yang sangat baik untuk pencernaan pada ternak. Maka tak heran ternak yang sering dikasih pakan bekatul pencernaanya selalu lancar.

- Mineral dan protein
Mineral sangat diharapkan tubuh ternak untuk menguatkan tulang dan seta memproduksi sel darah merah serta kandungan protein dalam bekatul sangat berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan. Bukan hanya itu, bekatul masih memunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat antara lain aneka macamitami B kompleks, gizi, dan asam lemak tak jenuh.

Itulah 2 pakan suplemen atau kosentarat yang sanggup kita berikan untuk cara penggemukan kambing/mendongkrak berat tubuh kambing semoga kunjung/cepat bertambah. Dalam pemberianya sanggup kita atur/jadwalkan sesui kelonggaran kita. Asalkan dalam pinjaman pakan, entah pakan hijauan ataupun pakan suplemen harus secara teratur dan rutin.

Dan untuk pinjaman minumnya sanggup kita berikan sehari 1 kali/ 2 kali, dan untuk porsi minumya tergantung dari kebutuhan kambing tersebut. Umumnya kalau animo kemarau kambing lebih banyak minum dan kalau animo penghujan akan berkurang minumya. Selain itu pinjaman obat cacing juga harus diberikan, lantaran penyakit cacingan meskipun tidak mewafatkan namun sangat merugikan para peternak.

Dan tentunya dalam hal pemberin pakan suplemen harus kita kalkulasikan dengan keuntungan ketika menjualnya kelak. Jangan asal menawarkan pakan suplemen apabila dikalkulasikan kita akan rugi. Kaprikornus Perencanaan awal sangat dianjurkan semoga perhitungan modal awal dan prospek keuntunganya pun berkembang menjadi jelas. Cukup sekian artikel cara penggemukan kambing, cukup sekian dan semoga bermanfaat..

Baca juga >>
fermentasi pakan kambing supaya cepat gemuk
cara beternak kambing jawa
 https://www.tipstrik-be.tk//search?q=cara-ternak-kambing-jawa

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive