Home » » Inilah Pakan Angsa Petelur Semoga Selalu Bertelur

Inilah Pakan Angsa Petelur Semoga Selalu Bertelur

pakan belibis petelur | Telur dan daging belibis ialah jenis makanan/lauk yang hingga dikala ini masih berubah menjadi primadona banyak orang, ada banyak sekali alasan kenapa masyarakat diIndonesia banyak yang menentukan telur maupun daging belibis tersebut. Banyak diantaranya lebih menentukan telur maupun daging dikarenakan gizi maupun rasanya lebih yummy jikalau dibandingkan dengan telur maupun daging ayam.

Apakah benar menyerupai itu??

Ya memang benar menyerupai itu, berdasarkan Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (2003) bahwa telur belibis mengandung kuning telur lebih banyak 7 % dibandingkan dengan telur ayam. Kandungan kuning telur belibis mempunyai kadar lemak 35 % lebih besar dibandingkan dengan kadar lemak kuning telur ayam yang hanya 31,9%. Telur belibis mempunyai banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh, salah satu kandungan gizi yang tinggi ialah proteinnya 12,81 %, lebih tinggi juga dibandingkan dengan kandungan protein telur ayam yang hanya 12,14 %.

Memang benar kandungan gizinya lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam, lantas apakah rasanya memang benar yummy telur/daging bebek?? Untuk evaluasi rasa tidak sanggup kita tentukanan jikalau belum ada evaluasi dari banyak orang, akan tetapi kebnyakan masyrakat diIndonesia lebih menentukan telur/daging belibis dibandingkan dengan telur/daging ayam.

Kembali pada topik diskusi mengenai apa saja pakan belibis petelur supaya selalu bertelur?? Berbicara suatu waktulah supaya belibis petelur selalu sanggup bertelur niscaya erat kaitanya denga asupan nutrisi pada pakan yang diberikan oleh peternaknya. Apabila belibis yang kita pelihara hanya kita berikan pakan saja supaya kenyang tanpa kita tahu kandungan gizi dari pakan yang kita berikan tersebut belum tentu belibis yang kita pelihara akan selalu sanggup bertelur, atau bahkan hanya seminggu sekali bertelur.

Oleh alasannya yakni itu kandungan nutrisi pada pakan belibis yang kita berikan harus kita perhatikan, untuk pakan belibis petelur supaya sanggup selalu bertelur kandungan nutrisi pakan tersebut yang harus kita perhatikan ialah protein. Kandungan protein pada pakan akan mempercepat belibis untuk bertelur, semakin tinggi tingkat protein atau energi dalam pakan, maka semakin tinggi pula produksi telur yang dihasilkan.

Apa saja pakan belibis petelur yang banyak mengandung protein?

Pakan belibis yang mengandung protein sanggup kita dapatkan pada pakan/kosentrat yang pernah banyak dijual dalam bentuk pelet hasil dari produksi perusahaan populer menyerupai CPI, Japfa, GC dan lain sebagainya. Akan tetapi menyerupai yang telah aku jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai cara beternak belibis petelur supaya selalu sanggup bertelur bahwa didalam beternak kita juga harus sanggup mengontrol pengeluaran biaya produksi supaya sanggup memperoleh laba yang lebih besar, jangan alasannya yakni kita sanggup membeli pakan/kosentrat dengan harga yang mahal, yang mudah dan yang tidak ribet tersebut, namun kita juga harus memikirkan tujuan dari beternak belibis itu bukan hanya sekedar hobi.

Oleh alasannya yakni itu ada pakan alternatif lain yang sanggup kita dapatkan dari alam bebas maupun dari limbah pbrik dengan kandungan protein yang tidak kalah dengan pakan belibis buatan pabrik populer tersebut, Apa saja pakan tersebut? Silahkan simak pembahsanya berikut

Pakan belibis petelur alami yang gampang didapat

1. Amisan

Apa maksut dari pakan amisan itu?? Mungkin sebagian orang belum begitu paham mengenai pakan amisan, apalagi bagi seorang peternak pemula. Ya pakan amisan itu ialah pakan yang bersumber dari binatang lain yag sanggup berubah menjadi makananya binatang tersebut. Untuk pakan belibis petelur, pakan amisan sumber protein tinggi antara lain

 - keong

 Telur dan daging belibis ialah jenis masakan Inilah pakan belibis petelur supaya selalu bertelur

Seperti yang dikutip dari wikipedia.org  bahwa keong mengandung protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor. Selain itu keong juga mengandung aneka macamitamin A, E, niacin dan folat.

Kesimpulanya, keong mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi untuk kebutuhan belibis petelur, tidak hanya itu keong juga mengandung sumber/zat gizi lain menyerupai aneka macamitamin dan mineral yang sanggup membantu meghasilkan energi. Maka tidak mengherankan banyak para peternak belibis sukses yang memanfaatkan keong sebagi sumber protein pengganti pakan kosentrat pabrik.

 -  Ikan rucah


 Telur dan daging belibis ialah jenis masakan Inilah pakan belibis petelur supaya selalu bertelur
Ikan rucah juga salah satu pakan alternatif alami yang sanggup kita dapatkan dengan harga yang sangat murah, akan tetapi alasannya yakni keberadaanya yang sulit kecuali didaeran bersahabat bahari maka jarang para peternak memanfaatkan ikan rucah tersebut. Ikan rucah ialah ikan yang tidak layak konsumsi, ikan ikan tersebut hasil dari tagkapan nelayan sanggup juga hasil dari penyortiran yang tidak layak dijual dan akhirya mereka jual dengan harga yang sangat murah.

Ikan rucah tersebut sanggup kita manfaatkan sebagai pakan alternatif sumber protein untuk belibis petelur supaya produksi telur yang dihasilkan sanggup maksimal. Pemberian pakan tersebut pun harus setiap hari, alasannya yakni dalam sehari belibis membutuhkan asupan protein 16 - 20%.

 - Limbah pemotongan ayam

Limbah pemotongan ayam juga sanggup berubah menjadi pakan alternatif sumber protein belibis petelur, limbah pemotongan ayam sanggup berupa kulit ayam, usus dan lain sebagainya yang sengaja dibuang dari kawasan pemotongan ayam. Dan yang jelas, sebelum memperlihatkan pada belibis yang kita pelihara, harus dicuci terlebih dahulu.

 - Dan binatang kecil lain yang bermanfaat

Selain ketiga pakan amisan diatas bekerjsama masih ada banyak pakan alternatif sumber protein alami yang sanggup kita dapatkan dialam liar, pakan lain tersebut antara lain: kodok, cacing, kepiting dan binatang kecil lain jikalau dimakan tidak membahayakan belibis tersebut maka sanggup kita berikan.

2. Kacang kacangan

Ada sumber protein hewani, ada pula sumber protein nabati, Ya sumber protein nabati sanggup kita adapatkan pada kacang-kacangan.

 - Bungkil kedelai

 Telur dan daging belibis ialah jenis masakan Inilah pakan belibis petelur supaya selalu bertelur

Bungkil kedelai ialah kedelai yang tidak layak dijual, entah itu alasannya yakni pecah ataupun alasannya yakni remuk sehingga tidak layak dijual dan kalaupun dijual niscaya dengan harga yang sangat murah. Meskipun disebut dengan bungkil kedelai namun kandungan gizi yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan keelai yang masih layak jual. Maka dari itu kita sanggup memanfaatkan bungkil kedelai tersebut.

 - Jagung

 Telur dan daging belibis ialah jenis masakan Inilah pakan belibis petelur supaya selalu bertelur

Jika keberadaan pakan amisan menyerupai yang telah dijelaslkan diatas sulit dicari maka kita sanggup memanfaatkan jagung sebagai pakan penggantinya. 100 gram jagung mengandung 355 Kalori, Protein : 9,2 gram, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Besi : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, dan Air : 12 gr.

Namun harus kita ketahui meskipun jagung sanggup menggantikan tugas pakan amisan, namun tidak sepenuhnya sanggup mengantikan perananya. Karena dalam sehari 1 ekor belibis petelur membutuhkan 16-20 gram asupan protein, sedangkan jagung hanya mempunyai 9,2 gram kandungan protein. Oleh alasannya yakni itu kita juga harus memperlihatkan sedikit pakan sumber protein yang lain.

Banyak sekali pakan alternatif untuk pengganti kosentarat pakan belibis petelur yang sanggup kita dapatkan dialam ataupun membeli dengan harga yang murah. Pakan sumber protein memang sangat diperlukan oleh belibis petelur setiap harinya supaya lancar dalam bertelur. Akan tetapi kebutuhan zat gizi lain menyerupai karbohidrat, aneka macamitamin, kalsium dan kebutuhan gizi yang lainya juga harus kita berikan.

Kebutuhan karbohidratnya sanggup kita dapatkan pada bekatul atau nasi aking, sedangkan kebutuhan aneka macamitamin sanggup kita berikan sayur hasil dari sampah dapur atau sanggup kita carikan juga diarea persawahan. Pakan belibis petelur yang baik ialah pakan yang mengandung banyak protein yang sanggup kita dapatkan dari pakan alternatif dengan harga yang murah atau sanggup mencarinya tanpa harus membeli dengan harga yang sangat mahal. Karena tujuan dari semua peternak ialah mencari laba dengan cara meminimalisir biaya pengeluaran..
toko herbal minyak lintah papua

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive