Home » » Manfaat Niger Seed Untuk Burung Kenari

Manfaat Niger Seed Untuk Burung Kenari

Apakah biji niger/niger seed hanya bermanfaat untuk pakan burung kenari atau burung finch lainya?
 


Niger seed ialah biji yang dihasilkan dari poohon niger dan sering kali dimanfaatkan untuk pakan ternak dalam beternak burung kenari/burung finch lainya. Niger seed sendiri awal mulanya dibudidayakan di negara Ethiopia dan Malawi, lalu merambat ke negara tetangga, Eropa, dan lalu hingga juga ke Indonesia.

Manfaat biji niger/niger seed sendiri tidak hanya untuk pakan/makanan burung kenari saja, namun sering juga dimanfaatkan sebagai obat kulit, dan masuk angin. Dibeberapa negara Asia selatan menyerupai India sering juga memanfaatkan biji niger/niger seed sebagai adonan bumbu suatu waktukan. Selain itu masih ada manfaat lain yang dihasilkanya, menyerupai pengganti minyak zaitun, untuk keperluan industri menyerupai pembuatan sabun, cat, dan persiapan berbagai jenis emulsi.

Kandungan pada biji niger/niger seed

Seperti yang telah diutarakan diatas bahwa biji niger/niger seed sanggup dipakai sebagai pengganti minyak zaitun, jadi dengan begitu kita sanggup menyimpulkan bahwa kandungan terbesarnya ialah minyak. Ya memang benar bahwa kandungan/komponen terbesar ialah minyak yang mencapai 30% - 40%, sesudah itu protein 10% - 25%, gula larut 12% - 18%, serat bernafsu 10% - 20%, dan air 10% - 11%.

Apa manfaat biji niger/niger seed untuk kenari?



Selain sebagai pakan utama untuk burung burung kenari ternyata ada manfaat yang sanggup dihasilkanya, dan berikut ini sedikit isu manfaat biji niger/niger seed untuk kenari.

1. Sebagai sumber energi

Energi berasal/dihasilkan dari asupan pakan/makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Biji niger sendiri mengandung protein dan serat bernafsu yang berfungsi untuk menghasilkan energi dan tenaga.

2. Mempercepat proses mabung
Disaat kenari mengalami proses/fase mabung banyak hal yang perlu kita perhatikan, mulai dari perawatan maupun pertolongan pakanya. Perawatan yang baik contohnya tidak menjemur setiap hari, tidak memandikan dan tidak terus mengkrodong, sedangkan untuk pertolongan pakan yang baik salah satunya ialah niger seed, alasannya yaitu mengandung banyak protein dan serat kasar/karbohidrat untuk menghasilkan energi.

3. Sebagai penghangat badan kenari

Manfaat niger seed/biji niger untuk burung kenari yang taerakhir ialah sebagai penghangat disaat demam isu penghujan atau demam isu dingin. Menurut para peternak biji niger sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, alasannya yaitu memiliki rasa yang sedikit pedas dan manis. Makara jikalau udara atau lingkungan daerah kita memelihara kenari dingin, maka sanggup kita berikan biji niger semoga kenari tersebut sanggup merasa lebih hangat.

Itulah sedikit manfaat yang sanggup dihasilkan dari niger seed/biji niger untuk kenari atau untuk burung finch lainya. Dan perlu diingat, ketika memberikanya kita juga harus mencampurnya dengan biji-biji lainya menyerupai biji sawi, canary seed, dan biji lainya.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive