Home » » Cara Perjuangan Budidaya Ikan Komet Yang Sukses Dan Mengutungkan Bagi Para Pemula

Cara Perjuangan Budidaya Ikan Komet Yang Sukses Dan Mengutungkan Bagi Para Pemula

             Usaha Budidaya Ikan KometIkan komet merupakan salah satu ikan hias yang sangat familiar di kalangan pecinta ikan hias indonesia. Ikan komet ini juga usai mulai banyak untuk di budidayakan. Selain ikan komet sangat gampang untuk dibudidayakan ikan ini juga sangat sering di jadikan untuk ikan hiasan di bak kecil di rumah. Sekarang para petani ikan hias juga usai mulai melaksanakan usaha budidaya ikan komet. Berikut cara budidaya ikan komet :  merupakan salah satu ikan hias yang sangat familiar di kalangan pecinta ikan hias indonesia Cara Usaha Budidaya Ikan Komet yang Sukses dan Mengutungkan Bagi Para Pemula

CARA BUDIDAYA IKAN KOMET

Persiapan wadah / bak Ikan komet

            Persiapan wadah budidaya ikan komet sanggup dilakukan di wadah berupa aquarium atau kolam, yang terpenting merupakan ukurannya, untuk ukuran minimalnya merupakan 60 X 40 X 60 cm. Sebelum dipakai wadah perlu dibersihkan terlebih dahulu menyerupai dalam wadah aquarium dibersihkan memakai sabun, kemudian wadah sesudah dibersihkan selanjutnya dikeringkan kira – kira 1-2 hari.             selepas dilakukan pengeringan pada wadah kemudian isi dengan air yang usai di tritmen sekitar 1 hari, ini bertujuan biar air sanggup terhindar dari zat – zat yang merugikan bagi proses pembenihan ikan komet. selepas air terisi selanjutnya pada wadah berilah flora air menyerupai enceng gondok, ini berkhasiat sebagai substrat untuk melekat nya terlur ikan komet.

Pemilihan induk ikan komet

            Pemilihan induk ikan komet sangatlah penting alasannya kualitas anakan ikan komet tergantung dengan kualitas indukan nya sehingga jikalau anda menentukan induk yang manis maka anakan ikan komet akan manis pula. Pilihlah indukan yang benar – benar matang gonad biasanya ikan komet yag matang gonad berumur 8 bulan ke atas.

Perbedaan induk jantan dan betina

Induk jantan
Induk jantan yang matang gonad jikalau di urut bab perut akan keluar cairan putih yakni sperma.
Dibagian sirip dada akan terlihat bintik – bintik yang berbentuk lingkaran menonjol dan jikalau disentuh terasa kasar.

Induk betina
Bagian sirip dada juga terdapat bintik – bintik namun akan halus jikalau disentuh.
Induk betina yang matang gonad, jikalau diurut pada bab perut di lubang urogenitalnya akan keluar cairan kuning menyerupai kuning telur.

Pemijahan ikan komet

            Proses pemijahan ikan komet ini dilakukan dengan menggabung kan induk jantan dengan betina dengan perbandingan 1 jantan dan 2 betina. Pemijahan ini biasanya dilakukan indukan jantan yang terus mengejar indukan betina dan hingga membuahinya. selepas itu telur ikan akan melekat pada substrat seprti enceng gondok atau flora air lainnya, sehingga pada ketika pemijahan harus ada flora air di wadah sebagai substrat telur ikan komet. Ikan komet dimasukkan kewadah pada sore hari dan akan melaksanakan proses pemijahan pada malam hari sehingga ke esokan harinya ikan komet usai ada telur yang melekat pada flora air.

Penetasan telur

            selepas telur usai melekat pada substrat flora air induk jantan maupun betina harus diambil, biar tidak memakan telur yang usai dikeluarkan. Telur ikan komet biasanya akan menetas kira – kira 2 – 3 hari. selepas telur usai menetas eceng gondok atau flora air usai sanggup diambil biar benih ikan komet sanggup dihitung.

Perawatan dan dukungan pakan laraneka macama ikan komet


            Laraneka macama Ikan komet yang gres menetas biasanya sanggup bertahan kira – kira 2 – 3 hari alasannya masing ada kantung telur yang ada di setiap laraneka macama ikan komet. selepas kantung kuning telurnya hilang maka diberi masakan berupa kuning telur yang usai direbus terlebih dahulu. Saat dukungan kuning telur di usahakan jangan terlalu banyak alasannya sanggup menghipnotis kualitas airnya. selepas umur 15 hari laraneka macama sanggup diberikan masakan alami,  sesudah umur 30 hari gres laraneka macama sanggup diberi masakan buatan berupa pelet.  
Baca juga : Budidaya Ikan Mas Koki
          Berikut merupakan artikel perihal bagaimana cara perjuangan budidaya ikan komet untuk pemula. Semoga artikel ini sanggup di jadikan tumpuan untuk petani ikan komet pemula maupun yang usai usang melaksanakan nya. Untuk kurang lebihnya sanya mohon maaf dan terima kasih telah membacanya. Semoga bermanfaat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive