Home » , , » Peternak Bebek, Masih Belum Memenuhi Kebutuhan Pasar

Peternak Bebek, Masih Belum Memenuhi Kebutuhan Pasar

Beternak bebek sudah di jalani masyarakat Indonesia semenjak puluhan tahun kemudian hingga sekarang.
Caranya beternaknya pun hampir tidak ada perubahan, walaupun sudah ada yg Mengubah sistem peternakan angsa dengan sistem yg lebih modern, sehingga mengatakan hasil yg lebih maksimal di banding dengan peternakan angsa setrik tradisional.

Bebek yakni Keliru satu unggas yg tidak sanggup mengerami telurnya sendiri. Lebar badan pada angsa tidak memungkinkan untuk melaksanakan proses pengeraman telur-telurnya, tidak menyerupai mentok  atau angsa, walaupun sama-sama unggas yg sanggup berenang, mentok dan angsa sanggup mengerami telur-telurnya sendiri tidak menyerupai bebek.
Pengeraman telur pada angsa biasanya Memakai unggas lain atau Memakai mesin tetas telur, baik penetasan telur angsa yg Memakai mesin tetas tradisional dengan mengandalkan panas dari sinar matahari, maupun mesin tetas yg Memakai pemanas listrik.

Kebutuhan bakal produk yg berkaitan dengan angsa masih tidak sebanding antara jumlah peternak bebek baik itu peternak angsa pedaging maupun peternak angsa petelur dengan jumlah ajakan pasar yg terus meningkat.
Semakin banyak yg mendirikan perjuangan rumah makan atau warung tenda yg mengatakan sajian olahan daging bebek, membuat ajakan bakal bebek pedaging  semakin tinggi. Untuk sementara ini kebutuhan bakal adanya daging angsa pedaging, kebanyakan masih di pasok dari bebek afkir atau bebek petelur yg produktifitasnya sudah mengalami penurunan.

Angka suplai daging angsa dari peternak angsa pedaging masih jauh dari angka kebutuhan pasar bakal daging bebek.
Kebutuhan daging angsa jika hanya mengandalkan suplai dari angsa afkir tentu saja tidak bisa mencukupi ajakan pasar.
Karena ajakan pasar bersifat nasional, dan pemasok angsa pedaging atau peternak angsa pedaging hanya berada di daerah-daerah tertentu.
Sementara untuk menunggu angsa afkir, waktu dan jumlahnya tidak sanggup di pastikan setrik akurat. Mengingat angsa yg banyak di ternakkan yakni angsa petelur.

Jumlah peternak angsa penghasil petelur lebih banyak di banding dengan jumlah peternak angsa pedaging.
Bebek yg di ternak untuk memproduksi daging biasanya berasal dari angsa pejantan. Ada juga yg mengkhususkan diri beternak angsa pedaging dari jenis angsa peking dan angsa persilangan angsa peking dan bebek mojosari, atau lebih di kenal dengan nama bebek hibrida.

Bebek peking yg pertama kali di kembangkan di kawasan Tientsien, Cina, memiliki badan yg lebih besar di banding angsa pejantan lokal.
Bakal tetapi pada perkembangan selanjutnya, angsa peking ini banyak di silangkan dengan angsa lokal yg ada, menyerupai contohnya angsa mojosari.
Persilangan angsa peking dengan angsa mojosari menghasilkan angsa hibrida, dimana kualitas daging yg di hasilkan jauh lebih anggun di bandingkan dengan angsa petelur afkir.

Pemeliharaan angsa pedaging atau angsa bibit unggul ini hanya membutuhkan waktu 50 hari, di bagi menjadi dua fase,yaitu fase starter pada usia 1-14 , fase pembesaran atau grower hingga mencapai fase finishier atau usia panen pada usia 14-50 hari .

Adanya hasil persilangan antara angsa peking dengan angsa mojosari ini disambut dengan penuh antusias oleh para peternak bebek. Mengingat kebutuhan suplai daging angsa masih jauh dari angka kebutuhan pasar yg ada, baik pasar lokal maupun pasar internasional.
Penemuan hasil persilangan angsa peking dan mojosari tidak hanya menyenangkan bagi para peternak bebek, bakal tetapi juga banyak sekali pihak yg behubungan dengan bisnis seputar dunia perbebekan di Indonesia ini.

Sementara untuk angsa petelur, kebutuhan bakal produksi telur juga masih tetap tinggi. Produk olahan telur angsa yg paling kita kenal yakni telur asin. Menjelang isu terkini liburan atau isu terkini mudik, di butuhkan suplai telur angsa yg sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan produksi telur asin.
Disamping di gunakan untuk produksi telur asin, warung jamu juga kebanyakan Memakai telur bebek. Selain warung jamu, penjual martabak telur juga hampir semuanya Memakai telur bebek. Ini yakni indikasi bahwa kebutuhan telur angsa masih sangat tinggi.


Walaupun sudah banyak angsa persilangan untuk menghasilkan jenis bebek petelur unggul, bakal tetapi sangat di sayangkan, pemeliharaan angsa petelur masih mengadopsi pemeliharaan setrik tradisional, sehingga kapasitas produksi angsa petelur yg di pelihara tidak sanggup maksimal, alasannya asupan nutrisi dalam ransumg yg dikonsumi angsa petelur yg mereka ternakkan masih jauh dari standar kebutuhan nutrisi untuk angsa petelur itu sendiri.
Apabila peternak sudah memahami angka kebutuhan nutrisi dan korelasi antara nutrisi dan kapasitas produksi peternakan, tentu peternak bakal memperbaiki tata kelola peternakan angsa yg di jalaninya, sehingga angsa yg di ternak mengatakan hasil yg lebih maksimal.

Jika kita cermati, ada beberapa peluang yg bisa kita lihat pada wirausaha peternakan bebek. Peluang ini tidak hanya menguntungkan bagi para peternak bebek, tapi bagi semua pelaku bisnis yg berkaitan dengan bebek.
Peluang dalam dunia peternakan angsa di antaranya:
 
1. Pengadaan DOD
Wirausaha ternak angsa tidak hanya mengatakan peluang bagi peternak angsa saja, wirausaha ternak angsa juga mengatakan peluang untuk pengadaan DOD  (day old duck ) atau angsa umur satu hari.
Kebutuhan DOD, khususnya DOD pedaging masih sangat tinggi, ini terlihat dari ajakan angsa DOD angsa pedaging yg masih belum sanggup di penuhi oleh produsen DOD.
Di sisi lain, minat masyarakat untuk mencoba beternak angsa pedaging juga semakin banyak. Kebutuhan biaya hidup yg semakin meningkat dan hasil pertanian terasa semakin tidak mencukupi untuk menutupi kebutuhan, membuat banyak orang yg berusaha mencari alternatif suplemen penghasilan lain.
Keliru satu nya dengan beternak angsa pedaging ini

2. Beternak Bebek
Beternak bebek, baik itu beternak angsa pedaging ataupun angsa petelur sama-sama memiliki peluang yg bagus. Selama kaidah-kaidah dalam beternak angsa di jalankan, pasti hasil yg di dapatkan pasti bakal sebanding dengan apa yg sudah di keluarkan.
Peluang dalam dunia peternakan angsa tidak mengalami kemunduran, alasannya dalam dunia peternakan, sangkar yakni Keliru satu faktor penting yg tidak sanggup di  hindarkan dan seringkali menjadi Keliru satu elemen penting dalam dunia peternakan yg mengalami kesulitan saat bakal di modifikasi.
Sementara tidak semua orang yg tertarik atau memiliki harapan dalam beternak angsa memiliki luasan lahan yg mencukupi untuk di jadikan sangkar beternak bebek, baik untuk beternak angsa pedaging maupun untuk beternak angsa petelur.
Hal ini menjadi sebuah potensi bisnis, yg apabila sudah berjalan bakal menjadi sebuah bisnis yg sulit tersaingi alasannya adanya beberapa faktor yg mendukung kesuksesannya.

3.Pemasok Telur Dan Daging Bebek
Selain dengan terjun pribadi ke dalam dunia peternakan bebek, kita juga sanggup mengambil peluang yg berkaitan dengan angsa ini dengan menjadi pemasok  telur dan daging bebek kepada orang yg membutuhkan suplai telur dan daging bebek.
Untuk menjadi pemasok telur dan daging bebek, kita Musti sudah memiliki pasar terlebih dahulu dengan trik melaksanakan survey seberapa kebutuhan pasar, mencari konsumen kemudian mengatakan produk, gres kemudian mencari peternak angsa pedaging ataupun angsa petelur yg bakal kita jadikan kawan kerja sama.

Seiring dengan berjalannya waktu, konsumen kita tidak hanya sebatas konsumen lokal, konsumen kita juga pasti bakal bertambah banyak dengan meningkatnya dapat dipercaya bisnis kita.

4. Membuka Usaha Kuliner Olahan Bebek
Semua insan pasti membutuhkan makanan. Itulah Mengapa perjuangan masakan tetap laku.
Mengkhususkan diri pada perjuangan masakan dengan mengatakan olahan daging bebek, yakni sebuah branding perjuangan yg lambat laun bakal mendapat pasar dan konsumen loyal.
Dengan catatan, kualitas layanan dan kualitas produk yg kita tawarkan tetap terjaga.
Usaha masakan seringkali mengalami penurunan grafik sehabis adanya penurunan kualitas, atau saat ada kompetitor yg mengatakan produk yg sama dengan yg kita jual, bakal tetapi dengan kualitas yg lebih baik, maka perjuangan kita sedang terancam eksistensinya.

Apabila kita sanggup menjaga kualitas produk kita, maka kemungkinan konsumen kita beralih ke kompetitor itu sangat kecil. Kalaupun beralih, atau usang tidak mengunjungi tempat perjuangan kita,  hal ini seringkali di karnakan oleh adanya kejenuhan dalam mengkonsumsi sesuatu.

Dunia peternakan bebek tidak hanya mengatakan peluang perjuangan yg berkaitan dengan produksi daging dan telur bebek.
Dunia peternakan angsa mengatakan majemuk peluang anggun yg bisa kita kerjakan dan kita jadikan ladang bisnis untuk membantu meningkatkan pemasukan dalam anutan kas kita.

Jumlah peternak angsa semakin hari semakin menyusut, hal ini di pengaruhi oleh banyak faktor. Keliru satu faktor yg menjadikan menurunnya jumlah peternak angsa yakni alasannya semakin baiknya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia.
Ironisnya, dengan meningkatnya pendidikan masyarakat Indonesia, regenerasi dalam peternakan angsa menjadi terputus, alasannya banyak cowok yg lebih menentukan untuk mencari pekerjaan atau lebih menentukan untuk menjadi karyawan di banding dengan melanjutkan perjuangan ternak angsa menyerupai yg sudah di kerjakan orang tuanya.

Nilai positifnya, dengan berkurangnya regenerasi peternak bebek, ini yakni peluang yg Musti segera di kerjakan.
Karena semakin sedikit orang yg beternak bebek, maka semakin besar peluang pasar yg bisa kita dapatkan.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive