Home » » Jangan Remehkan Kegemukan Pada Burung

Jangan Remehkan Kegemukan Pada Burung



Kegemukan atau obesitas pada burung yaitu hal yang lumrah terjadi pada burung peliharaan, itu dapat terjadi alasannya yaitu porsi makan yang terlalu berlebihan atau tidak teratur contohnya burung hanya diberikan pakan yang tidak bervariasi, 
Banyak kasus burung mengalami kegemukan alasannya yaitu mereka kekurangan energi, maksud dari kekurangan energi yaitu burung jarang menggunakan energi yang banyak untuk terbang sehingga pembakaran lemak tidak terjadi didalam tubuhnya, untuk mengatasi masalah kekurangan energi tersebut dapat dengan cara melatih burung dengan menggunakan sangkar umbaran.

Makanan yang tidak cocok. Pakan burung yang ada selama ini mempunyai kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan masakan mereka sewaktu di alam liar. banyak juga pakan burung yang mempunyai kadar lemak yang tinggi dan kadang kita pun secara pribadi memperlihatkan burung pakan yang mengandung lemak yang tinggi mirip kwaci ( biji bunga matahari), kacang, dll. dukungan buah yang sama mirip pisang dan terus menerus setiap harinya juga dapat memicu obesitas pada burung.

Jika tidak segera ditangani, kegemukan dapat memicu banyak penyakit 
Beberapa burung yang sangat mudah mengalami kegemukan ini yaitu kenari, pleci, robin, kacer dan beberapa jenis Anis.
Menurut beberapa jago kegemukan pada burung juga dapat memicu timbulnya hal hal berikut, jadi jangan anggap remeh kegemukan pada burung anda. 

  • Penyakit hati atau hepatic lipidosis: dapat berakibat sangat fatal. terbentuk dari lemak yang terakumulasi dalam hati menyebabkan fungsi normal dari hati dapat menurun termasuk kecenderungan pendarahan, hilangnya nafsu makan dan paruh serta kuku kaki yang tumbuh secara berlebihan. 
  • Sulit bernafas dan jadi tidak lincah. burung yang mengalami kegemukan akan mengalami kesulitan bernafas yang diakibatkan oleh menumpuknya lemak didalam tubuh sehingga hanya mempunyai sedikit ruang untuk kantung udaranya. selain itu burung mejadi kelebihan berat tubuh dan dapat besar lengan berkuasa pada kelincahannya sehingga burung jadi malas bergerak. 
  • Masalah reproduksi. Burung yang kegemukan akan mengurangi kemungkinannya untuk berkembang biak dan burung lebih mudah terhadap masalah mirip egg binding.
  • Umur lebih pendek. mirip halnya hewan lainnya burung yang mempunyai klebihan berat tubuh lebih cenderung mempunyai jangka hidup yang singkat serta kualitas hidup yang jelek. 
Untuk pencegahan dan pengobatan masalah kegemukan ini, burung dapat diatur mulai dari dukungan pakannya dengan masakan yang bervariasi serta memperlihatkan latihan setiap tiga kali seminggu selama satu sampai dua jam didalam sangkar umbaran untuk memperabukan lemak yang menumpuk di tubuhnya.  

Semoga bermanfaat


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive