Home » , , » Memilih Voer Yang Sempurna Untuk Burung Peliharaan

Memilih Voer Yang Sempurna Untuk Burung Peliharaan

Memelihara burung supaya tetap sehat tentu diharapkan perawatan rutin setiap harinya, termasuk selalu menyediakan pakan yang dapat dikonsumsi oleh burung baik itu voer dan juga pakan tambahannya atau extra fooding mirip serangga atau buah-buahan. Namun terkadang kita terlalu bersemangat memilihkan burung dengan jenis voer yang kita tentukan sendiri, tanpa memahami apakah pakan tersebut cocok dengan burung atau tidak. Untuk kita marilah untuk sejenak kita mengulas mengenai pemilihan voer yang sempurna bagi burung peliharaan. 




Dipasar-pasar burung kita sudah dapat menemukan bermacam-macam jenis merek-merek dari pakan kering (voer) untuk burung kicauan, yang semuanya itu bahkan bervariasi baik dari segi harga dan juga kualitasnya. Namun terkadang banyak penggemar burung yang cenderung mempunyai anggapan bahwa pakan yang berharga mahal tentu akan lebih baik dari segi kualitasnya, padahal dilema harga tidak dapat dijadikan sebagai patokan dari kualitas suatu barang atau pakan. 

Untuk mengetahui apakah burung tersebut akan cocok dengan pakan barunya yang akan kita tawarkan dapat diketahui dengan cara-cara sebagai berikut: 

Jika anda mempunyai rekan yang kebetulan menggunakan voer yang tidak sama dari yang anda gunakan, kemudian dikatakannya kalau voer tersebut sangat baik bagi burungnya (tambah aktif dan rajin bunyi), maka yang perlu anda lakukan ialah jangan terburu-burung membeli pakan tersebut di pasaran, tetapi ada baiknya anda meminta sedikit saja (setengah cepuk) pada rekan anda itu, untuk anda coba pada burung kesayangan di rumah. Jika sesudah memakan pakan tersebut terjadi perubahan warna pada kotoran burung yang disertai dengan lendir atau cairan (kotoran yang berair) dan berbau, maka itu artinya burung tidak cocok dengan voer tersebut, jadi anda tidak perlu membeli pakan tersebut untuk burung anda itu , akan tetapi bila burung tidak memperlihatkan perubahan dalam bentuk kotoran, dan burung bertambah aktif, dan tambah rajin berbunyi, maka itu artinya pakan tersebut memang sudah cocok dengan burung anda, jadi anda dapat membeli pakan tersebut di pasaran .

Untuk mengetahui apakah burung yang kita miliki menyukai voer yang akan kita tawarkan, dapat juga dilakukan dengan cara menyediakan beberapa jenis voer tidak sama merek yang diletakkan dalam tempat terpisah, kemudian biarkan burung menentukan voer mana yang sangat disukainya. 

Kita juga harus dapat memahami sikap burung yang kerap mengacak-acak voernya, sebab itu artinya burung tidak nyaman dengan makanannya tersebut, selain itu banyak juga voer tiruan atau palsu yang beredar di pasaran yang menggunakan materi pewarna kimia atau bahan-bahan kimia tertentu (misalnya materi kimia pengawet) dalam pembuatannya. Untuk itu anda perlu waspada dengan sikap burung tersebut, sebab sebagian besar jenis burung mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap beberapa macam jenis voer yang diberikan padanya. 

Ketika memperlihatkan burung dengan kuliner kering (voer) yang bersuplemen tinggi atau tinggi kandunan proteinnya, maka untuk mencegah burung kelebihan protein, hindari memperlihatkan EF atau pakan tambahan lain yang tinggi protein mirip jangkrik, belalang, kroto, atau ulat hongkong pada burung tersebut.  

Hindari juga mengganti voer yang dipakai dikala burung sedang menjalani masa mabungnya, sebab hal itu dapat menjadikan proses mabung menjadi terganggu, selain itu hindari juga terlalu sering menggonta-ganti voer sebab hal itu dapat menimbulkan burung mabung lebih cepat.

Itulah beberapa hal yang patut anda ketahui mengenai pemilihan voer yang sempurna bagi burung peliharaan. 

Semoga bermanfaat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive