Home » , » Membuat Tepung Belalang Untuk Burung Kicauan

Membuat Tepung Belalang Untuk Burung Kicauan

Belalang dikenal mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dari jangkrik. Bahkan sudah usang belalang diberikan sebagai pakan perhiasan alternatif untuk burung peliharaan saat kita sulit mendapatkan jangkrik di pasaran. Kalau biasanya belalang diberikan dalam bentuk serangga hidup, kali ini kita akan menciptakan tepung belalang, selain sanggup menciptakan pakan lebih awet, juga sanggup diberikan untuk semua jenis burung kicauan. 





Bahan yang diperlukan yaitu belalalang hijau. Sekarang belalang hijau sanggup dengan gampang didapatkan di pasar-pasar burung atau pasar tradisional yang biasanya menjualnya sebagai makanan dalam bentuk kering.

Sebelum dibentuk menjadi tepung, belalang terlebih dahulu direndam dalam air panas untuk membunuh basil atau cacing yang menginfeksi belalang tersebut, sesudah beberapa usang kemudian gres diangkat dan ditiriskan. 



setelah kering, belalang diletakkan dalam tempat kemudian dikeringkan dalam panggangan suhu tinggi selama beberapa menit. (sampai belalang jadi kering tapi tidak hangus, untuk itu anda harus memeriksanya setiap saat). 


setelah dirasa cukup kering, belalang dimasukkan dalam blender, kemudian digiling hingga menjadi tepung. 




Tepung belalang yang sudah jadi kemudian disimpan dalam toples tertutup, kemudian disimpan dalam lemari penyimpanan makanan atau lemari pendingin. 

 
Tepung belalang pun sudah siap diberikan pada burung peliharaan. 


Bagaimana, mudahkan? 


Sumber foto: Beijing Birds Society (BBS.1888.COM)

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive