Home » , » Selendang Biru

Selendang Biru

Burung Selendang biru
Burung selendang biru ialah tipe burung fighter yang kurang begitu banyak diminati oleh penggemar burung kicauan, padahal suaranya yang merdu dan mengalun sangat cocok untuk master burung kicauan mirip cucak hijau, dsb. meskipun bertipe burung petarung (fighter) tetapi burung ini kurang begitu atraktif dengan kata lain hanya mengikuti moodnya saja. Namun sejak ramainya kontes - kontes burung dengan bunyi yang lebih bervariatif menyebabkan burung ini semakin banyak diminati untuk dijadikan burung masteran. perawatannya yang gampang sama mirip perawatan burung sejenis  tledekan lainnya ( tledekan gunung dan tledekan bahari ) .

Deskripsi
Berukuran agak besar (16cm). Berwarna biru muda (jantan) atau kecoklatan (betina). Jantan: Tubuh bab atas biru pirus terang, kekang hitam, tenggorakan dan dada biru lebih muda, perut putih keabu-abuan, epilog ekor bawah putih. Betina : Tubuh bab atas coklat abu-abu, ekor lebih coklat-merah bata, badan bab bawah coklat keabu-abuan, lingkar mata dan kekang kuning coklat. Remaja : Coklat, berbintik hitam dan kuning kecoklatan.


Suara:
 
Nyanyian manis, nyaring, menurun, lalu tiga nada terakhir menaik lagi. Juga bunyi parau (kadang-kadang) .



Penyebaran Global :
Himalaya hingga Cina selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar.

Habitat

Di Sumatera ditemukan di gunung-gunung ke selatan hingga G. Kerinci. Di Kalimantan dan Jawa tidak umum terdapat di hutan perbukitan antara ketinggian 500-1400m, secara lokal hingga ketinggian 200m di kalimantan. Di Bali tidak tercatat.

Kebiasaan

Tinggal di tajuk hutan primer , bersembunyi didalam rimbunan dedaunan atau semak belukar.

Video:



0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive