Home » » Perawatan Lovebird

Perawatan Lovebird


Lovebird digemari alasannya ialah warnanya yang menarik dengan suaranya yang cenderung tajam dan rapat.  suara kicauannya aslinya yang disebut bunyi ngekek itulah yang banyak dicari oleh kicau mania kita baik untuk tujuan masteran maupun dilombakan, selain itu  burung lovebird inipun bisa majemuk jenisnya, selain dipelihara untuk di dengarkan suaranya atau untuk dilombakan banyak juga yang memelihara lovebird ini untuk tujuan penangkaran dan bahkan sudah banyak jenis jenis gres yang merupakan mutasi genetik hasil persilangan antara jenis lovebird yang satu dengan yang lainnya. 


Perawatan harian

Rawatan harian untuk lovebird dimulai dengan menyediakan makanannya yang cukup setiap harinya, juga sangkar yang higienis biar burung selalu terhindar dari banyak sekali macam basil atau kutu.
  • Bersihkan sangkar dengan cara menyemprotnya dengan FreshAves untuk membunuh basil maupun tungau yang bersarang dalam sangkarnya.
  • Pemberian sayur-sayuran ibarat kangkung, tauge dan jagung
  • Pemberian buah-buahan ibarat apel yang sudah dikupas dan dihilangkan biji-bijinya alasannya ialah biji dari buah apel dikenal mempunyai racun dan bisa menjadikan gangguan kesehatan bagi burung.
  • Pemberian perhiasan ibarat BirdVit dan BirdMineral untuk lovebird biar selalu dalam keadaan lincah dan tidak gampang terjangkit penyakit.


Membuat rajin bunyi burung

Ada beberapa kicau mania yang menawarkan terapi mandi berair untuk lovebirdnya biar burungnya jadi bertambah rajin bunyinya yaitu dengan cara menyemprot burung sampai berair kuyup kemudian menjemurnya sampai kering begitu seterusnya selama berkali-kali kalau keadaan burung sudah kering kemudian disemprot kemudian dijemur dengan catatan selama matahari belum terik, kalau panasnya terasa terik maka burung diangin-anginkan saja. penulis sendiri belum pernah mencoba tips yang demikian tetapi banyak juga yang mengaku sudah pernah mencoba terapi tersebut yang dilakukan tiga kali seminggu dan kemudian burung lovebirdnya jadi bertambah rajin bunyi, jadi silahkan saja anda mencobanya dirumah dan berikan tanggapannya melalui kotak komentar dibawah. 

Selain tips diatas ada juga yang menerapkan metode derma pakan milet putih setiap harinya serta derma sedikit garam pada makanannya, garam memang diketahi bisa menciptakan aktifitas burung menjadi lebih agresif, baik dari tingkah laris dan juga kicauannya, tetapi pemberiannya kalau berlebihan malah bisa menjadi tidak menguntungkan bagi burung.  jadi berikan kangkung atau sayuran yang telah dibasahi dengan air garam dan diberikan secara terencana setiap dua kali selama seminggu.

Semoga bermanfaat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive