Home » , » Caranya Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung

Caranya Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung

Kebanyakan peternak ayam kampung masih memproduksi DOC setrik mandiri, mengingat hingga kini ini masih langka peternak yg khusus memproduksi DOC ayam kampung.

Untuk sanggup meningkatkan produksi telur ayam kampung, kualitas pakan ayam kampung yg kita berikan Musti memenuhi angka kecukupan gizi yg di butuhkan oleh ayam kampung betina untuk memproduksi telur.
Semakin tercukupi nilai nutrisi dalam ransum, ayam kampung yg kita pelihara bakal memperlihatkan produksi telur yg baik.
Banyak yg menanyakan kepada wiraternak mengenai trik untuk meningkatkan produksi telur ayam kampung.

Dalam menjawab pertanyaan ini, wiraternak sering menjawab dengan pertanyaan yg bernada becanda;
"Memangnya mau di tingkatkan berapa butir lagi?"

Untuk menjawab pertanyaan trik meningkatkan produksi telur ayam kampung ini, kita Musti mengetahui dengan terang seberapa besar peningkatan jumlah produksi telur ayam kampung yg kita inginkan. 
Karena dalam kata "meningkatkan" ini Musti ada kata yg niscaya atau prosentase yg niscaya dari produksti telur ayam kampung yg kita pelihara bisa memproduksi berapa dan bakal ditingkatkan menjadi berapa.
Baru sehabis kita mendapat tanggapan dari data produksi telur ayam kampung sebelumnya, kita bisa memperlihatkan tanggapan yg sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Ada beberapa faktor yg mempengaruhi kapasitas produksi telur ayam kampung.
Menurut pandangan "2 Jenis Ayam Kampung yg langka Di Ketahui".
Pada Maknakel tersebut wiraternak membahas mengenai perbedaan antara ayam kampung petelur dan ayam kampung pedaging.
Dari dua istilah yg menempel pada ayam kampung tersebut, kita niscaya sanggup menebak, ayam kampung jenis petelur tentunya bakal menghasilkan telur yg lebih banyak di banding ayam kampung tipe pedaging.
Untuk lebih meningkatkan kapasitas produksi telur ayam kampung, tentunya kita Musti menentukan ayam kampung tipe petelur.
Apabila pada peternakan ayam kampung kita kapasitas produksi telurnya sedikit, kita Musti meneliti ayam kampung kita termasuk ke dalam jenis ayam kampung yg mana.

2. Faktor Kesehatan
Binatang ternak lebih menentukan mempertahankan kelangsungan hidupnya di banding dengan bereproduksi.
Ini berlaku pada semua hewan ternak. Apabila kondisi tubuhnya mengalami sakit atau mengidap suatu penyakit, maka seluruh nutrisi yg di sanggup dari kuliner bakal difokuskan untuk di gunakan memperbaiki kesehatannya di bandingkan untuk bereproduksi.
Untuk memahami penyakit yg sering menyerang ayam kampung, silahkan baca: "Penyakit Ternak", dan kategori Maknakel yg berjudul "Pengobatan penyakit".

Pada awal terjangkitnya penyakit, tidak ada tanda-tanda klinis yg bisa kita lihat pada ayam kita. Terkadang ada ayam yg kelihatannya sehat, tetapi ternyata mengidap penyakit yg sangat besar lengan berkuasa pada kapasitas produksi telur.
Keliru satu penyakit yg tidak mematikan bakal tetapi sangat merugikan ialah penyakit cacingan pada ayam.

Menurunnya tingkat produksi telur, disamping alasannya ialah ayam kampung yg kita pelihara mengidap penyakit, bisa juga ayam kampung yg kita pelihara memiliki sejarah terjangkit penyakit di masa lalu, ibarat tetelo, berak kapur, berak darah, coryza.
Biasanya ayam yg pernah terjangkit penyakit kemudian sembuh, di kemudian hari kemampuan untuk memproduksi telurnya menurun.

3. Kualitas Nutrisi Dalam Pakan
Apabila ayam yg kita pelihara tidak memiliki dua point di atas, kemungkinan terbesar yg menyabkan rendahnya produksi telur pada peternakan ayam kampung kita ialah alasannya ialah rendahnya kandungan nutrisi pada ransum peternakan ayam kampung kita.
Kita tidak bisa berharap sanggup meningkatkan kapasitas produksi telur ayam kampung kita, apabila kita tidak memperlihatkan nutrisi yg cukup pada ransum yg kita berikan.

Jika kita membitrikkan telur, cangkang telur terbuat dari beberapa mineral, kuning dan putih telur terbuat di antaranya dari protein.
Bagaimana bisa, kita menginginkan terjadinya peningkatan produksi telur ayam kampung yg kita pelihara apabila ransum yg kita berikan tidak memperlihatkan nutrisi yg cukup untuk kebutuhan memproduksi telur.
Sedangkan telur di buat dengan trik memproses kandungan nutrisi yg ada dalam badan ayam, menjadi telur yg kemudian di keluarkan melalui susukan telur.
Sudah barang tentu ayam kampung yg kita pelihara, bakal memperlihatkan produksi telur yg rendah apabila ransum yg kita berikan memiliki kandungan nutrisi yg rendah.

Jika nutrisi dalam ransum rendah, dari mana ayam-ayam tersebut memiliki stok nutrisi sebagai materi untuk memproduks telur?
Sedangkan ayam-ayam itu sendiri tidak memiliki kemampuan setrik berdikari untuk memproduksi nutrisi yg bakal di bentuk menjadi telur.

Memberikan kandungan nutrisi untuk meningkatkan kapasitas produksi telur ialah suatu hal yg Musti/wajib kita lakukan.
Kita mendapat sesuai dengan apa yg kita berikan.
Jika kita memperlihatkan yg terbaik untuk ayam yg kita pelihara, tentu ayam pun bakal memperlihatkan kemampuan produksi terbaiknya kepada kita.

4. Usia Ayam betina
Usia sangat besar lengan berkuasa terhadap kemampuan ayam untuk memproduksi telur. Semakin renta usia ayam yg kita pelihara, maka bakal semakin rendah kemampuan memproduksi telurnya.
Untuk memastikan penyebab terjadinya penurunan produksi telur pada ayam kampung yg kita pelihara, kita Musti memastika usia ayam yg kita pelihara.
Jika ayam yg kita pelihara sudah memasuki masa untuk di pensiunkan, ya pensiunkan segera, daripada pengeluaran yg kita keluarkan untuk biaya pakan tidak sesuai dengan hasil yg kita dapatkan

5. Lama Pencahayaan
Lamanya waktu pencahayaan di dalam sangkar memiliki imbas yg kuat dalam meningkatkan kapasitas produski telur ayam kampung.
Pencahayaan yg cukup sanggup merangsang hormon reproduksi, usang pencahayaan yg di butuhkan oleh ayam kampung betina ialah selama kurang lebih 16 jam.
Sementara penyinaran setrik alami hanya bisa memperlihatkan pencahayaan ke dalam sangkar antara 11-12 jam.

Meningkatkan kapasitas produksi telur ayam kampung sanggup di bantu dengan memperlihatkan pencahayaan pemanis pada malam hari dengan Memakai lampu neon atau lampu jari.
Jumlah lampu penerangan, tentunya di sesuaikan dengan luas kandang, dan untuk penempatannya, di atur semoga cahaya sanggup menyebar setrik merata.

6. Cuaca yg Terlalu Panas
Cuaca panas yg terlalu ekstrim tentu sangat besar lengan berkuasa terhadap kapasitas produksi telur ayam kampung.
Saat cuaca terlalu panas, ayam kampung yg kita pelihara bakal lebih banyak mengkonsumi air minum dibanding dengan mengkonsumsi makanan, sementara kuliner yg kita sediakan mengandnung beberapa sumber nutrisi sebagai pembentuk telur.
Dengan kurangnya asupan kuliner sesuai dengan yg di butuhkan ayam, produksi telur sudah niscaya bakal mengalami penurunan.

Temperatur udara ideal berkisar antara 26-31 derajat celcius. Di bawah atau di atas temperatur tersebut, biasanya terjadi penurunan produksi telur ayam kampung.

Caranya mengatasi cuaca panas yg ekstrem ini, solusi jangka pendek sanggup di lakukan penyiraman pada lantai kandang.
Solusi jangka panjang ialah dengan menanam pepohonan, dengan adanya pepohonan ini, lingkungan sangkar bakal menjadi lebih sejuk.


Dalam upaya meningkatkan produksi telur ayam kampung yg kita pelihara, kita tidak sanggup bertumpu pada satu faktor yg mempengaruhi tingkat kemampuang ayam kampung untuk memproduksi telur.
Beberapa faktor yg di jelaskan di atas ialah faktor lebih banyak didominasi yg mempengaruhi tingkat produksi telur ayam kampung yg Musti segera kita upayakan solusinya apabila kita benar-benar ingin meningkatkan kapasitas produksi dalam peternakan ayam kampung kita.

Salam sukses peternakan
Semoga bermanfaat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive