Home » , » Menjinakan Burung Branjangan Yang Masih Giras

Menjinakan Burung Branjangan Yang Masih Giras

Branjangan, akhir-akhir ini sedang naik daun, banyak penggemar burung yang mulai mencari burung yang mempunyai nama latin mirafra javanica ini dipasar-pasar burung hal tersebutlah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pedagang burung dengan menaikkan harga burung branjangan meskipun burung tersebut masih anakan yang rata-rata hasil tangkapan hutan. alias masih giras. kalau pada tahun kemudian harga branjangan anakan yang banyak ditemukan di pasar-pasar burung dalam sangkar ombyokan ialah sekitar 50 ribu, kini mungkin sudah naik beberapa persen alasannya ialah banyaknya usul terhadap  burung branjangan. 
BR Giras yang njeruji

Membeli branjangan yang masih dalam keadaan anakan, tentu sifat burung tersebut masih dalam keadaan liar alias giras, dan kalau hal tersebut dibiarkan tanpa diberikan proses penjinakan sifat giras mereka akan semakin menjadi dan ketakutan tersebut akan menjadi semakin tidak terkontrol yang menjadikan mereka sering njeruji , sehingga melukai dirinya dan mengakibatkan rusak atau cederanya paruh maupun sayap mereka alasannya ialah terlalu ketakutan dengan manusia.

Pada burung branjangan anakan yang masih berusia muda proses penjinakan tentu akan lebih gampang dibanding burung branjangan anakan yang sudah remaja atau sudah berumur. 

Untuk anda yang kebetulan mempunyai burung branjangan yang masih giras atau liar ini, berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan pada burung branjangan anda semoga cepat menjadi jinak. 



Sebaiknya begitu anda mendapatkan burung branjangan anakan yang masih liar, jangan dahulu dimasukan dalam sangkar branjangannya yang khusus, tetapi masukan saja dalam sangkar yang berukuran kecil yang serpihan alasnya sudah dimodifikasi semoga dapat menaruh pasir dan di sekeliling sangkar tersebut diberi lakban.
 
Pakan diberikan secukupnya saja atau jangan buat burung anda kekenyangan. alasannya ialah kalau burung selalu kenyang alasannya ialah kelebihan pakan , ia lebih cenderung tetap giras dan susah dibentuk jinaknya. 


Untuk mandinya banyak kicau mania kita yang menunjukkan mandi pada branjangan dengan cara dipegang (seperti memandikan Perkutut), mandi model demikian untuk burung pemakan biji-bijian memang sangat ampuh untuk menjinakan burung yang liar dan dapat diterapkan juga pada burung Parkit, Lovebird, Kenari, dsb.

Gantang ditempat ramai, jikalau burung branjangan selalu njeruji atau menabrak jeruji / loncat-loncat, maka serpihan kiri dan kanan serta belakang dari sangkar tersebut dapat ditutupi dengan kertas koran atau kain jadi hanya serpihan depan saja yang terbuka.

Didalam rumah sangkar dapat ditaruh ditempat yang ramai dengan aktifitas keluarga, contohnya ruang keluarga untuk menciptakan burung terbiasa dengan kesibukan dan aktifitas insan disekitarnya.

Pakan yang baik selama penjinakan ialah EF atau Ekstra Fooding, jadi pakan hariannya dapat diberikan sedikit saja untuk membuatnya selalu merasa lapar, EF yang berupa jangkrik atau belalang hijau ini  diberikan pribadi dari tangan kita jikalau burung masih ketakutan dapat diberikan dengan menggunakan lidi.

setelah beberapa hari burung branjangan tersebut dirasa sudah jinak meskipun masih jinak-lalat, burung dapat dipindahkan ke sangkar aslinya yang memang dikhususkan untuk burung branjangan, dan sesudah itu dimulai perawatan untuk membuatnya cepat rajin berbunyi :

Berikut ialah beberapa tips yang berafiliasi dengan perawatan harian untuk burung branjangan anakan semoga lebih cepat rajin bunyi :

Berikan therapi Suara Alam ( Natural Therapi ) untuk burung branjangan anakan yang anda miliki setiap malam selama satu jam, Suara burung yang terdengar dalam Natural therapi tersebut dapat mempunyai kegunaan sebagai masteran untuk branjangan anda, sumbangan terapi ini dapat dimulai pada sore hari jam 05 sampai jam 06 petang, atau pada pukul 07 sampai 08 malam. secara kontinyu selama satu sampai dua ahad dan dampaknya dapat terlihat beberapa hari sesudah pembeian terapi tersebut, contohnya burung menjadi rajin berbunyi.
Branjangan ialah burung yang sangat membutuhkan asupan nutrisi dan mineral yang tinggi alasannya ialah habitatnya ditempat yang panas, sehingga ia sangat membutuhkan energi yang lebih banyak dari burung biasanya , jadi sumbangan Multivitamin dan Mineral suplemen sangat diharapkan setidaknya seminggu tiga kali.

Burung branjangan ialah burung teritorial, dan untuk memancing mental atau jiwa teritorial mereka bisa  dengan cara mengundang beberapa burung liar ibarat gereja untuk menghampiri sangkar branjangan tersebut dengan cara membuatkan pakan biji-bijian disekitar sangkar branjangan setiap hari, dan pada suata hari nanti burung branjangan ini akan mulai terusik dan terganggu sehingga ia mulai pertanda perilaku teritorialnya dengan cara mengeluarkan bunyi kicauannya.

Itulah beberapa tips mengenai perawatan branjangan anakan yang masih giras atau liar dan bagaimana perawatannya semoga cepat jinak dan cepat berbunyi, dan salah satu aspek terpenting dalam perawatan branjangan anakan ini ialah kebutuhan nutrisi dan mineralnya yang harus selalu tercukupi baik dari pakan yang sesuai, Ektra Fooding dan juga multivitamin tambahan.

Oke deh, semoga sukses dengan burung branjangannya. 


Salam Kicau !
 

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive