Home » , , » Mengatasi Mabung Tidak Tuntas Pada Burung

Mengatasi Mabung Tidak Tuntas Pada Burung

Mabung merupakan proses alami yang terjadi pada binatang sejenis unggas termasuk burung kicauan. Proses ini memang cukup memakan waktu pada dikala mabung tersebut terjadi beberapa tahap yaitu merontokan bulu, memunculkan selongsong bulu yang terdiri dari protein dan keratin dan memecah selongsong bulu. Namun terkadang , tidak sama dengan proses mabung tepat yang di alami oleh burung liar sehingga proses tersebut sanggup berjalan dengan waktu yang singkat dan tidak terlalu lama, pada burung peliharaan , proses mabung tersebut kadang terganggu yang akhirnya mengganggu metabolisme burung dan secara eksklusif manghambat proses dan perkembangan mabung pada burung tersebut. 


Proses gangguan pada burung ini memunculkan istilah mabung stress .

Mabung yang tidak tuntas memang menjadi masalah tersendiri bagi para kicau mania , terutama kalau burung tersebut termasuk burung lomba atau burung yang sedang ditawarkan dalam sebuah lembaga jual beli, coba anda bayangkan sendiri kalau menjual burung dalam keadaan setengah botak, hehehe

Mabung yang tidak tuntas itu sendiri, sanggup saja terjadi akhir beberapa faktor mirip contohnya burung yang sedang mabung dipaksakan untuk terus bekerja, contohnya dilombakan maupun burung yang ngedrop / jatuh sakit sewaktu mereka sedang dalam masa mabung.

Untuk mengatasi masalah macet mabung ini, beberpa hal berikut sanggup anda terapkan pada burung yang sedang berada dalam keadaan tersebut. 


Burung dibentuk menjadi ngedrop, disini kita akan berusaha membuat burung kita mau menghentikan aktifitas berkicaunya dengan membuat burung ngedrop, dengan demikian energi yang ada akan dipakai untuk meneruskan kembali mabung yang terganggu tersebut.  

Membuat ngedrop burung sanggup dengan cara mengurangi atau menghentikan sumbangan pakan tinggi protein mirip jangkrik sedangkan untuk kroto tentu tergantung jenis burung yang mengalami macet mabung tersebut, alasannya ada beberapa jenis burung yang begitu diberikan kroto mereka eksklusif ambrol , tetapi ada juga jenis burung yang diberikan kroto malah membuatnya semakin aktif dan naik birahinya, sehingga menghambat proses mabung tersebut. 

Selain itu menghentikan mandi dan jemur juga salah satu cara untuk membuat burung kembali memasuki masa mabungnya yang sempat terhambat. 

Memberikan full kerodong juga menjadi salah satu alternatif biar burung lebih fokus pada masa mabungnya dan tidak terlalu banyak melaksanakan aktifitas. 

Alternatif perawatan lain mirip meletakan beberapa kulit jeruk didasar kandang dari burung yang macet mabung tersebut, sembari memperlihatkan full kerodong juga sanggup mempercepat burung cepat mengalami rontok bulu, alasannya zat yang terdapat dari kulit jeruk sanggup menghasilkan kelembaban dalam kandang tersebut.   Kulit jeruk yang dipakai sanggup menggunakan kulit jeruk apa saja yang penting kulit dari jeruk tersebut berukuran tebal dan tidak tipis. 

Untuk metode lain ialah dengan cara menjemur burung sembari memperlihatkan kerodong lalu, potongan luar dari kerodong tersebut diberikan semprotan halus dengan menggunakan sprayer yang biasa dipakai mandi burung, hal ini sama dengan cara menggunakan kulit jeruk diatas yaitu untuk membuat kelembaban dalam sangkarnya, yang sanggup merangsang burung untuk meneruskan mabungnya yang terganggu. 

Nah, itulah beberapa hal seputar burung yang mengalami keadaan macet mabung, untuk membantu permasalahan diatas, selama burung mabung sebaiknya burung dilengkapi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan baik, contohnya dengan menyediakan komplemen khusus perawatan mabung mirip BirdMolt Pre atau BMP yang merupakan produk populer reputasinya dari omkicau. 

Semoga bermanfaat


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive