Home » » Vitamin B-Complex: Tanda-Tanda Kekurangan Dan Sumber Makanan Penghasil Vit B

Vitamin B-Complex: Tanda-Tanda Kekurangan Dan Sumber Makanan Penghasil Vit B


Dalam artikel berikut kita akan mengetahui sejauh mana fungsi vitamin B pada burung dan apa effek yang timbul jikalau kekurangan vitamin B tersebut terhadap burung peliharaan kita .


Mengenai kekurangan vitamin B ini aku sendiri kurang yakin apakah hal ini ialah penyebab dari mata burung katarak atau bukan,akan tetapi aku sedikit percaya kalau sifat dan bawaan burung juga pengeringan yang berlebih dapat mengakibatkan katarak pada beberapa burung ibarat murai batu. Vitamin B2 memang sudah dikenal sebelumnya dipergunakan oleh insan untuk mencegah katarak pada mata dan apakah mungkin juga dapat dipakai untuk mengobati katarak pada burung.


Jadi dengan kata lain vitamin B complex ini sangat penting sebgai kebutuhan harian burung kicauan selain resiko yang rendah alasannya ialah pemberian yang berlebihan (over dosis) dikarenakan cepat larut dalam air dan kelebihan dari vitamin ini tidak disimpan dalam organ organ ibarat halnya vitamin larut lemak.

1. VITAMIN B1 (thiamine) 
Kekurangan zat ini dapat mengakibatkan polyneuritis bagi burung ibarat kejang kejang, burung menjadi lemah dengan kepala menghadap ke atas. 
Sumber makanan yang kaya akan vitamin ini sebagian besar berasal dari sumber tanaman, kacang tanah, kacang polong, gandum dan biji bijian yang sudah kering.

2. VITAMIN B2 (riboflavin)
Kekurangan vitamin ini pada burung dapat menimbulkan jari jari kaki menjadi bengkok, sedangkan untuk burung burung tangkaran dapat mengakibatkan kualitas telur yang jelek. vitamin B2 ini sangat diharapkan selama masa berkembang biak khususnya untuk penangkar murai kerikil dan harus selalu disediakan setiap harinya. selain itu vitamin B2 ini kerap dipakai pada insan sebagai obat pencegah dan mengobat katarak alasannya ialah ibarat yg kita tahu bahwa murai kerikil sangat mudah terhadap katarak. 
telur, kacang hijau dan kacang kacangan merupakan sumber yang baik untuk vitamin B2

3. VITAMIN B3 (niacin)
Kekurangan dari vitamin b3 dapat mengakibatkan pembesaran sendi, kaki bengkok (membungkuk), radang pada mulut, diare dan bulu bulu yang tidak tumbuh dengan sempurna. 

4. VITAMIN B5 (pantothenic acid)
Kekurangan vitamin B5 pada burung dapat disebut sangat jarang terjadi, kemungkinan yang berkaitan ialah penyakit kulit ibarat dermatitis dan kulit yang mengelupas di sekitar mata dan paruh burung. 

5. VITAMIN B6 (pyridoxine)
Murai Batu dan burung pemakan serangga lainnya membutuhkan Vitamin B6 yang cukup untuk mencernakan asam amino didalam kandungan pakan yang berprotein tinggi.

Kebutuhan burung setiap harinya tidak lepas dari vitamin B yang sudah disebutkan diatas, kekurangan vitamin tersebut tentu dapat mengganggu aktifitas dan kelincahan burung juga menghambat kicauannya. banyak produk obat-obatan dan multi-vitamin yang mengandung vitamin B-kompleks tersebut contohnya produk dari om Dutto ( omkicau ) ibarat  BirdVit, BirdMineral, TestobirdBooster, dsb yang sudah terbukti kualitas dan banyak dipakai dan direkomendasikan oleh kicau mania di nusantara. 

Berbagai produk omkicau khusus perawatan burung kicauan
Jadi jangan tunggu burung anda sakit dahulu gres mengobati, tetapi sebaliknya pencegahan ialah sebuah tindakan yang bijaksana yang dapat diberikan pada burung rawatan anda.



0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive