Home » » Merawat Burung Kutilang Dengan Baik

Merawat Burung Kutilang Dengan Baik

Merawat Burung Kutilang Dengan Baik - Kutilang sutra merupakan jenis burung yang mempunyai talent sebagai burung kicauan dengan bunyi yang khas. Burung petarung ini kerap dipelihara oleh kicau mania sebab memang mempunyai bunyi yang anggun dan simpel perawatannya. Namun teman burung juga harus benar-benar mengetahui, bahwa hanya kutilang sutra jantan sajalah yang bisa menghasilkan bunyi yang bagus. Kaprikornus apabila teman burung ingin memelihara burung ini, maka teman harus benar-benar paham cara menentukan kutilang sutra yang berjenis jantan. Jika teman burung butuh bantuan, silahkan lihat artikel perbedaan burung kutilang sutra jantan dan betina ini.
Kutilang sutra merupakan jenis burung yang mempunyai talent sebagai burung kicauan dengan s Merawat Burung Kutilang Dengan Baik
Merat Burung Kutilang Dengan Baik

Untuk menghasilkan burung kutilang sutra jantan rajin bunyi, pastinya membutuhkan perawatan yang benar-benar rutin. Perawatan tersebut mencakup pengeringan, pemandian, pemilihan makanan yang sempurna serta memaster burung kutilang sutra jantan dengan jenis burung lainnya, biar bisa menjiplak dan menunjukkan banyak variasi bunyi yang khas.
Kutilang sutra merupakan jenis burung yang mempunyai talent sebagai burung kicauan dengan s Merawat Burung Kutilang Dengan Baik
Merat Burung Kutilang Dengan Baik

Berikut ialah tips merawat burung kutilang sutra jantan biar rajin bunyi:


  • Perawatan burung kutilang sutra jantan dimulai dari pagi hari yakni dengan mengangin-anginkan burung sekitar 40-60 menit pada pagi hari mulai pukul 06.00 wib.
  • setelah dilanjutkan dengan memandikan burung kutilang sutra pada pukul 07.00 wib dengan air biasa (suhu kamar mandi) dengan menggunakan semprotan atau melalui cepuk yang sudah disiapkan di dalam sangkar.
  • setelah tahap pemandian selesai, burung kutilang sutra kemudian dijemur pada kawasan yang cukup menerima sinar matahari pagi yakni antara burung 8.00 wib - 10.00 wib (tergantung keadaan cuaca). Namun jangan eksklusif menunjukkan pakan burung, tunggu sekitar 30 menit, sampai bulu burung sedikit agak mengering, dan burung terasa lapar, gres sesudah itu diberikan pakan hariannya.
  • Untuk siang harinya, burung kutilang sutra tidak perlu di kerodong, sebab hal tersebut hanya akan menciptakan burung merasa tidak nyaman dan stress. Baiknya burung dibiarkan saja berkicau sepanjang hari dengan bebas, sebab biasanya setelah mandi pagi burung akan lebih sering berkicau. Namun pengerodongan tetap diharapkan jikalau sudah memasuki waktu tidur pada malam hari biar burung lebih damai dan bisa beristirahat.
  • Burung kutilang sutra jantan juga perlu dimaster biar mempunyai variasi suara, terlebih jikalau teman burung ingin menjadikannya sebagai gacoan di ajang kontes burung. Untuk masteran, burung kutilang sutra sangat cocok disanding dengan Trucukan. Bila teman burung tidak mempunyai trucukan master, teman bisa menggunakan mp3 bunyi trucukan, dan memperdengarkannya pada malam hari saat burung ditutup kerodong.
Kutilang sutra merupakan jenis burung yang mempunyai talent sebagai burung kicauan dengan s Merawat Burung Kutilang Dengan Baik
Merat Burung Kutilang Dengan Baik

Demikian tips merawat burung kutilang sutra jantan, dengan perawatan yang sempurna pasti burung akan lebih cepat rajin bunyi dan siap untuk memenangi kontes burung kicauan.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive