Home » , » Mengatasi Cendet Yang Jarang Suara Dan Manja

Mengatasi Cendet Yang Jarang Suara Dan Manja

Memelihara burung cendet menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar kicaumania, karena tidak sedikit penggemar cendet yang mengeluhkan cendet miliknya mendadak jarang suara dan lebih cenderung menjadi sangat manja. Cendet yaitu burung yang sangat aktif, di seluruh dunia cendet sudah dikenal sebagai burung predator kecil yang setara dengan burung alap-alap. Ketika mereka dipelihara dalam kandang, maka pemiliknyalah yang harus menyesuaikan diri dengan mereka, dan bukan burung yang harus menyesuaikan diri dengan pemiliknya. 




Ada banyak penyebab mengapa burung cendet yang tadinya rajin suara dan tidak banyak tingkah mendadak menjadi burung yang jarang berbunyi, cepat manja, dan sering menggigit. Biasanya hal tersebut terjadi sebab faktor nutrisi dan keadaan psikologi si burung, contohnya sebab burung yang merasa bosan, dan burung yang kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya. 

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi solusi untuk memecahkan duduk masalah anda: 
  • Mulailah dengan merutinkan mandi malam hingga keadaan cendet benar-benar kembali mirip semula.
  • Berikan pakan harian yang cukup terutama dari pakan serangga mirip jangkrik dan kroto yang harus diberikan lebih dari yang biasanya.
  • Berikan sesekali pakan alami mereka, yang biasa berupa hewan-hewan buruannya mirip burung kecil, tikus, katak, atau kadal. 
  • Tempel dengan pentet betina selama beberapa hari, hanya untuk merangsang burung cepat birahi dan kembali rajin berbunyi. 

Itulah beberapa hal yang dapat mempengarui keadaan pentet dikala mereka sedang dalam keadaan yang menciptakan kita jengkel dengan tingkah manjanya dan kicauannya yang jarang dilagukan lagi. 

Semoga manfaat dan salam kicau!


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive