Home » , , » Begini Cara Mengobati Mental Kacer Yang Ngedrop

Begini Cara Mengobati Mental Kacer Yang Ngedrop

Kacer ialah burung petarung alami yang akan mati Begini cara mengobati mental kacer yang ngedrop

Kacer ialah burung petarung alami yang akan mati-matian membela daerahnya dari cengkeraman kacer lain. Sifat tarungnya tersebut menciptakan banyak kicaumania tertarik untuk memeliharanya. Namun sebagaimana lazimnya burung bertipe fighter, ada saatnya mental mereka akan ngedrop, terutama saat bertanding tidak disertai dengan keadaan yang fit.  Untuk mengobati mental kacer yang ngedrop, dapat melaksanakan beberapa tips berikut.

Karakter kacer yang jadi sangat bergairah saat melihat keberadaan burung lain di dekatnya dapat menjadi bumerang tersendiri jikalau tidak disertai dengan keadaan burung fit. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal berikut sebagai pencegahan biar kacer tidak gampang ngedrop mentalnya.
  1. Perhatikan keadaan burung saat akan ditandingkan / dilombakan. Burung yang sudah dalam keadaan sangat fit tentu tidak akan gampang ngedrop apalagi ngebagong saat ditandingkan dengan burung sejenis.  Untuk menjaga kondisinya itu, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan yaitu perawatan dari segi sumbangan pakan terutama EF dan mandinya. 
  2. Menjaga sifat dan naluri fighternya dengan cara tidak menggantung berdekatan dengan burung sejenis maupun burung petarung lain mirip murai kerikil dan tledekan gunung. Kacer yang keseringan didekatkan dengan burung-burung tersebut, cenderung mempunyai mental yang kurang baik dan gampang ngedrop mbagong saat bertem lawan yang lebih tangguh darinya.

Jika burung kacer tersebut terlanjur alami drop mental, mau tak mau perawatan hariannya pun harus diatur ulang, di antaranya: 
  • Menempatkan burung di kawasan yang jauh dari bunyi burung sejenis , atau tidak berdekatan dengan burung murai kerikil atau tledekan gunung.
  • supaya terapi berjalan efektif sebaiknya sangkarnya digantung di kawasan yang sedikit lembab/basah, contohnya akrab air yang mengalir atau akrab kamar mandi.  Selama di kawasan tersebut, burung harus diberikan pakan EF (Jangkrik, UH, Kroto, UJ) yang cukup banyak untuk menumbuhkan kembali mentalnya yang telah ngedrop.
  • Memberikan multivitamin mungkin penting untuk menjaga kondisinya.
  • setelah burung dimandikan mirip biasa, pengeringan dapat dilakukan cukup 1 jam saja.
  • Untuk membantu meningkatkan mentalnya, kacer tersebut sebaiknya dilatih dalam sangkar umbaran setiap 1 -  2 ahad sekali dengan waktu 2 - 3 jam. 

Semoga bermanfaat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive