Home » , » Manfaat Latihan Bersama Pada Pleci

Manfaat Latihan Bersama Pada Pleci

Merawat burung pleci semoga lebih cepat bersuara keras atau buka paruh, tentu tidak terlepas dari santunan pakan harian yang mengandung tinggi protein. Namun, selain itu ternyata ada satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam perawatan pleci, yaitu latihan bersama penggemar pleci lainnya, atau dikenal dengan istilah "Chai" atau "Gathering".  Lalu apa bergotong-royong manfaat dari latihan, Chai atau Gathering ini? 

Koloni pleci yang dipimpin oleh pemimpinnya yang paling depan


Seperti diketahui bersama , semua jenis burung pleci yaitu burung koloni. Mereka kerap terlihat selalu gotong royong dengan pleci lainnya dalam jumlah banyak saat mencari makanan. Terkadang pula ada salah satu pleci yang tampak menjadi pemimpin regu, atau semacam kepala suku, nah pleci inilah yang berhak memilih kearah mana mereka akan mencari makanan. 

Bagi pleci yang biasa dirawat sendirian, begitu mereka melihat keberadaan pleci lain (pleci liar) di sekitar sangkarnya, maka mereka akan memperlihatkan perilaku bahagia dengan berlompatan dalam sangkarnya, namun begitu pleci tersebut berada di antara banyak pleci lain disekelilingnya, maka ia akan mengeluarkan suara terkerasnya untuk memperlihatkan keberadaan dan kemampuannya, semoga diterima dalam koloni tersebut. 

Oleh sebab itulah, bagi anda yang ingin pleci miliknya cepat bersuara lebih lantang sehingga mempercepat keadaan buka paruh, maka biasakan untuk mengajak pleci anda latihan bersama dengan penggemar pleci lainnya.  Jika rutin dilakukan maka pleci anda akan lebih cepat pada keadaan buka paruhnya. 

Selain itu faktor lain yang turut membantu proses buka paruh pada pleci adalah: Kebersihan sangkar, Makanan, dan Mandi ( Semakin sering mandi , pleci akan semakin rajin berbunyi ).

Berikut beberapa manfaat terkait latihan bersama / Chai / Gathering pada pleci: 

  1. Burung akan memperlihatkan penampilan terbaiknya saat berjumpa dengan burung lainnya dalam jumlah banyak.
  2. Burung akan berguru , baik dengan mendengarkan saja (merekam bunyi pleci lain yang menurutnya bagus), atau berguru untuk melaksanakan ibarat pleci lain yang dianggapnya terbaik (berguru pada pleci lain).
  3. Burung akan termakan atau terprovokasi, atau juga merasa tertantang sehingga burung akan mencapai penampilan puncak (Top Form) mereka.

Semoga bermanfaat



0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive