Home » » Pelepasan Burung Eks. Habitat Merapi

Pelepasan Burung Eks. Habitat Merapi

  jenis burung  yang berada di sekitar Gunung Merapi sekarang sudah kembali ke hutan sehabis  s Pelepasan Burung Eks. Habitat Merapi

Sebanyak 97 jenis burung yang berada di sekitar Gunung Merapi sekarang sudah kembali ke hutan sehabis sebelumnya menghilang dikala terjadi erupsi (gunung meletus) tahun 2010 lalu. Selain burung, ada beberapa satwa lain yang juga sudah tampak kembali dengan sendirinya, di antaranya landak dan harimau.


“Setelah kami identifikasi, setidaknya sudah ada 97 jenis burung yang kembali ke hutan Merapi,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Kuspriyadi Sulistyo, di Klaten, Kamis (1/12).

Pihaknya sendiri terus melaksanakan identifikasi terhadap satwa-satwa lain mirip simpanse yang sampai sekarang masih berkeliaran di pemukiman penduduk yang berada di lereng Gunung Merapi. “Kera-kera turun gunung untuk mencari makan. 

Sebab, lahan makanan yang berada di atas belum sepenuhnya pulih,” ujarnya.

Selain melaksanakan identifikasi satwa, pihak BTNGM juga melaksanakan restorasi hutan di daerah Gunung Merapi sehabis beberapa bagiannya rusak akhir erupsi pada 2010 lalu. 

“Restorasi atau proses mendukung pemulihan dan pelestarian keanekaragaman hayati serta kesatuan ekosistem dilakukan untuk mengembalikan fungsi lahan mirip semula,” imbuh Kuspriyadi.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive