Home » » Ayam Tiba-Tiba Lumpuh ? Inilah Alasannya Ialah Dan Cara Mengatasinya

Ayam Tiba-Tiba Lumpuh ? Inilah Alasannya Ialah Dan Cara Mengatasinya

Baru-baru ini aku kembali menyukai pelihara ayam, mulai dari sekedar memelihara ayanm kampung hingga ayam hias. Namun untuk kecondongan tersendiri aku lebih menyukai ayam hias, hal ini dikarenakan selain gampang dijual (pada usia kecil/doc), ayam hias juga mempunyai tingkah yang lucu dibandingkan dengan ayam biasa, salah satu misalnya ayam hias jenis Mutiara.

Dirumah ada beberapa jenis ayam mutiara, ada mutiara plangkok yang mempunyai ciri bulu putih dibagian bawahnya, ada juga yang silver yang berbulu silver tidak sama dengan mutiara hitam. Sebenarnya aku masih ingin mempunyai mutiara albino, namun alasannya yakni karakternya yang suka terbang menciptakan aku mengurungkan niat mengadopsi ayam hias ini.


Sebelumnya aku mohon maaf alasannya yakni pada artikel kali ini aku lebih banyak bercerita perihal pengalaman aku sendiri ketimbang membahas judul Penyebab dan Cara Mengatasi Ayam Lumpuh sendiri.

Pengalaman aku memelihara ayam gres pemula sehingga pada ketika kena lumpuh pada salah satu ayam cemani aku yang jantan sempet menciptakan aku kaget, alasannya yakni gres kali itu juga aku mendapati perkara ayam lumpuh. Akhirnya aku coba untuk mengobatinya dengan obat yang biasa ditemukan di toko pakan ayam, namun sebelum membahas cara mengatasi ayam lumpuhnya mari kita lihat dulu penyebabnya.

Penyebab Ayam Lumpuh :
  • Untuk ayam aduan khususnya biasa terkena pukulamn telak pada potongan sensitif, dipaksa tarung padahal masih unyu-unyu, tarung dengan yang lebih senior, tarung tanpa persiapan juga sanggup mengakibatkan ayam lumpuh.
  • Sementara itu untuk yang non aduan sanggup jadi lumpuhnya tiba-tiba kemungkinan diberi makan yang terlalu banyak.
NB : perlu diketahui bahwa memberi pakan cukup dengan 2 kali sehari saja, dan itupun takarannya jangan hingga nandon di daerah makan alias kelebihan.

Nah, sesudah tahu penyebabnya, kini kita tinggal cari cara mengatasinya, berikut ini coba aku jelaskan beberapa :

Mengatas Ayam Lumpuh :
  1. Kasih mutivitamin : yaitu dengan membelikan multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus yang sanggup anda dapatkan di toko-toko.
  2. Menjaga asupan makan dan vitaminnya : yakni dengan cara menawarkan masakan dengan cara didulang untuk menjaga perut ayam biar tidak kosong.
  3. Irisan Tomat : untuk vitamin naturalnya sanggup anda dulang dengan irisan tomat ataupun pepaya, untuk tomat kecil jadikan satu hari sudah cukup.
  4. Daun Serai : cara ini dengan menumbuk hingga halus dan dibalurkan pada potongan yang lumpuh dengan memakai kain.
  5. Jamu : Cara membuatnya yaitu sediakan bawang merah, cabai merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2.Semua materi ditumbuk halus kemudian didulangkan ke ayam yang lumpuh.
  6. Obat lumpuh : untuk spesifiknya obat sanggup anda belikan yang khusus lumpuh di toko-toko pakan ayam.
Perawatan Ayam Lumpuh :

  1. Ayam lumpuh jangan dimandikan atau dijemur
  2. Hangatkan sangkar ayam, sanggup dengan diselimuti ataupun dikasih lampu
  3. Kasih obat sangobion untuk tambah darah
  4. Usahakan beri 1 siung bawang merah untuk menjaga nafsu makannya stabil
  5. Jangan biarkan ayam kelaparan atau kehausan dan beri pakan sesuai dosis harian.
 Jika anda melaksanakan tips-tips mengatasi ayam lumpuh diatas dengan baik dan benar maka in sya Tuhan peliharaan anda akan segera pulih... aminnn.

Selamat menerapkan (y)

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive