Home » » Cara Gampang Beternak Ayam Mutiara Aneka Macam Jenis

Cara Gampang Beternak Ayam Mutiara Aneka Macam Jenis

Salah satu jenis ayam hias yang paling diminati ialah ayam mutiara. Ayam jenis ini lucu dan menggemaskan, selain punya bulu dengan bintik-bintik yang ibarat mutiara, ayam ini juga punya tingkah contoh yang unik, diantaranya ialah bersuara keras mirip burung.

Bentuknya yang mirip ayam kalkun membuatnya disebut kalkun mini, hal ini alasannya badannya tak sebesar kalkun.

Ayam mutiara memiliki nama latin Guiena Fowl yang merupakan jenis unggas yang dibudidayakan sebagai hiasan. Apabila anda ingin beternak ayam hias jenis ini, mungkin sanggup jadi prosepek ditengah harga ayam hias yang tidak stabil.


Jenis Ayam Mutiara :
Selain mutiara hitam, ayam ini punya jenis yang lain, yaitu :
  • Silver (abu-abu)
  • Putih
  • Royal Purple
  • Violet
  • Coklat
  • Lavender
  • Plangkok
Jenis lain mungkin masih sanggup anda hasilkan dengan teknik breeding yang baik, hal ini sanggup memperbanyak lagi jenisnya.

Habitat  Ayam Mutiara :

Dalam kehidupannya di alam bebas, ayam mutiara menyukai sabana dan semak-semak. Mereka akan berkelompok dengan ayam lainnya yang homogen untuk bertahan hidup dari ancama predator. Dan ayam mutiara ialah jenis ayam yang solidaritasnya tinggi, bila ada anggota kelompoknya yang diserang, maka yang lainnya akan menyerang predator itu.


Kandang Ayam Mutiara :
Karena itu dalam membudidayakan ayam mutiara model tempatnya sanggup dibentuk mirip halnya di alam aslinya.

Model sangkar dibentuk mirip sangkar ayam pada umumnya , namun di siang hari dilepas pada halaman/lahan terbatas yang tersedia pasir dan rumput. Selain itu sangkar dan kawasan bermain ayam mutiara harus cukup terkena sinar matahari biar bulu-bulu indah dan tidak lembab. Jika tersedia ayam mutiara lebih suka tidur pada malam hari pada kawasan yang tinggi, alasannya itu proteksi kawasan bertengger pada sangkar sangat baik. Dengan tidur bertengger, ayam mutiara menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

Kandang ayam mutiara cendekia balig cukup akal gotong royong sama dengan ayam kampung, namun diberi tebeng biar lebih tahan cuek di malam hari. Untuk ayam mutiara kecil hanya perlu penghangat dengan lampu listrik, dimasukkan dalam box juga bisa. Siang harinya sanggup anda jemur biar sangkar tidak lembab.


Penetasan Ayam Mutiara :

Untuk anda yang masih pemula mungkin sanggup memakai metode penetasan dengan alat penetas telur. Namun ada juga yang memakai entok sebagai media penetasan telurnya. Disini kami sudah secara alami menetaskan telurnya lewat indukan, tampaknya ayam mutiara sanggup mengerami telurnya sendiri bila kita sediakan kawasan yang cocok layaknya di alam bebas (penetasannya hingga 28 hari).

Pasca menetas, baiknya ayam mutiara ditempatkan di ruangan yang cukup hangat dengan diberi lampu penghangat. Anakan ayam mutiara mirip dengan anakan ayam kalkun, sehingga agak sulit dibedakan. Setelah muncul bintik-bintik mutiara mulai sanggup dengan gampang dibedakan dengan ayam kalkun. Pada usia cendekia balig cukup akal ayam mutiara jantan sulit dibedakan dengan ayam mutiara betina, sehingga perlu kejelian dan pengalaman untuk membedakannya. Namun anda sanggup melihatnya dari bunyi yang dihasilkan, biasanya ayam jantan akan lebih keras suaranya.

Makanan Ayam Mutiara :

Ayam mutiara sanggup makan apa saja, ini alasannya ayam mutiara merupakan binatang omnivora. Bisa makan daun, cacing, serangga. Dirumah sendiri biasanya diberi voer, bekatul, sisa nasi atau sayuran untuk mecukupi gizi setiap harinya.

Demikian yang sanggup kami informasikan kepada anda ihwal Cara Praktis Beternak Ayam Mutiara. 

Harga Aym Mutiara :
Ayam Mutiara 1 Bulan   @ Rp100,000
Ayam Mutiara 2 Bulan   @ Rp125,000
Ayam Mutiara 3 Bulan   @ Rp150,000
Ayam Mutiara 4 Bulan   @ Rp200,000
Ayam Mutiara 5 Bulan   @ Rp250,000
Ayam Mutiara Dewasa   @ Rp300,000

Jika anda dari Sidoarjo, anda sanggup menghubungi nomor kami di 089678042108. Disini kami menyediakan ayam mutiara cendekia balig cukup akal untuk indukan.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive