Home » » Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Ketika Animo Hujan

Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Ketika Animo Hujan

Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Saat Musim Hujan - Musim hujan barangkali menjadi salah satu momok bagi penangkar kenari, hal ini juga dirasakan oleh peternak burung jenis lainnya, bukan tanpa alasannya ialah lain, melainkan meningkatnya kegagalan dalam breeding dan pembesaran anakan , ekspresi dominan hujan juga mengakibatkan burung semakin rentan terhadap penyakit.

Disaat hujan ini memang yang paling dikhawatirkan ialah berkurangnya intensitas penjemuran, cuaca mendung dan terjadi hujan menciptakan hawa semakin dingin, mungkin untuk burung yang sudah cukup umur hal ini masih belum merupakan bahaya yang berarti , akan tetapi kalau sudah kena lolohan dan masih belum terlalu berpengaruh daya tahan tubuhnya, maka dikhawatirkan akan pribadi drop.

Buktinya dari teman saya sendiri yang mencicipi betapa ekspresi dominan hujan menjadi hal yang seram bagi peternakannya, pasalnya sudah lebih dari 10 ekor anakan yang gres berusia beberapa hari mati kedinginan, awalnya ia anggap itu masih biasa, namun usang kelamaan kok tambah banyak yang mati, hingga hasilnya ia sadar betapa burungnya mengalami kedinginan.

Sebelumnya saya sudah tuliskan Perawatan Kenari di Musim Hujan, namun mungkin itu hanya untuk kenari cukup umur saja, nah kini kita akan fokus dalam menyelamatkan kenari lolohan yang masih berusia dibawah 1 bulan atau belum mandiri, namun tidak menutup kemungkinan bermanfaat juga dan diharapkan untuk perawatan kenari dewasa, berikut Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Saat Musim Hujan :

  1. Pertama anda harus sediakan ruang yang hangat bagi kenari, asal diketahui saja, bahwa kenari memang salah satu burung yang tidak betah dingin, apalagi ekspresi dominan hujan
  2. Berikan multivitamin dalam air minumnya setiap hari, gantilah airnya kalau sudah sehari / terlihat kotor.
  3. Berikan lampu dimalam hari untuk menjaga kehangatannya, cukup lampu dop 5 watt saja , namun yang harus diingat ialah jangan hingga terlalu bersahabat , dan pastikan kabelnya kondusif terkendali.
  4. Krodong bila perlu, selain untuk menghindari dingin, krodong juga dapat menghalau gangguan nyamuk atau serangga pengganggu.
  5. Berikan saran / daerah sembunyi dengan kapas atau kain didalamnya
Nah itulah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenari kedinginan, biar bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive